Sukses


Sirkuit MotoGP: Le Mans, Trek Legendaris di Barat Daya Paris

Bola.com, Jakarta Sirkuit MotoGP yang dibangun pada 1965 ini berada di dekat trek untuk balapan 24 jam. Balapan ketahanan 24 jam itulah yang membuat Le Mans Bugatti dikenal sebagai salah satu sirkuit paling klasik dan terkenal di dunia.

Setiap Juni, jutaan mata dari berbagai penjuru dunia bakal mengarahkan pandangan ke sirkuit tersebut untuk mendapatkan suguhan event akbar balapan siang-malam. Tak ada balapan lain yang dianggap bisa menandingi aura magis dan unik Le Mans saat menggelar lomba ketahanan 24 jam.

Sirkuit ini terletak sekitar 5 kilometer di selatan Kota Le mans atau 200 km di barat daya Paris. Balapan grand prix mulai digelar di sana pada era 1960-an. Tapi, insiden parah yang menimpa pebalap Spanyol, Alberto Puig, pada 1995 membuat operator grand prix menghapus Le Mans dari kalender balapan. Sirkuit tersebut baru kembali menjadi tuan rumah balapan grand prix pada tahun 2000 setelah ada pembenahan sisi keamanan.

Sirkuit Le Mans Bugatti, Prancis. (automobilsport.com)

Le Mans didominasi tikungan-tikungan yang harus ditaklukkan dengan gear satu, yang memaksa pebalap melakukan pengereman yang agak terlambat dan akselerasi keras. Traksi bagian belakang motor menjadi area kunci.

Dengan kapasitas penonton mencapai 100.000 penonton, Sirkuit Le Mans Bugatti juga menjadi tuan rumah balapan truk 24 jam, GP2, French Touring Car, dan balapan GT.

Sirkuit Le Mans sangat ramah untuk pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo. Rider Yamaha tersebut sudah empat kali menjadi juara di sana. Dua pebalap Spanyol lain, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, juga masing-masing sekali pernah menapaki podium tertinggi Le Mans.

Data dan Fakta Sirkuit Le Mans

Nama : Le Mans Bugatti
Lokasi: Le Mans, Prancis
Panjang: 4,2 kilometer
Lebar trek: 13 meter.
Trek lurus terpanjang: 674 meter.
Jumlah tikungan: 14 tikungan, 9 ke kanan dan 5 ke kiri
Pebalap paling sering menang: Jorge Lorenzo (4 kali))
Pole terbanyak: Marc Marquez (3 kali)
Juara musim 2015: Jorge Lorenzo 
Rekor Fastest Lap (2014) : Marc Marquez (1 menit 32,042 detik) 
Rekor Sirkuit (2015) : Valentino Rossi (1 menit 32,879 detik)
Rekor Pole Terbaik (2014) : Marc Marquez (1 menit 32,042 detik) 
Rekor Top Speed (2015): Andrea Iannone 

 

 

Video Populer

Foto Populer