Sukses


Gagal Pertajam Catatan Waktu, Jorge Lorenzo Bingung

Bola.com, Losail - Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, gagal mempertajam catatan waktunya pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (4/3/2016) dini hari WIB. Kondisi tersebut ternyata membuat juara dunia MotoGP 2015 tersebut kebingungan karena belum mengetahui penyebabnya.

Lorenzo menjadi pebalap tercepat ketiga pada sesi tes hari kedua, di belakang pebalap Suzuki, Maverick Vinales dan Andrea Iannone (Ducati). Dia mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 55,535 detik, alias hanya terpaut 0,099 detik dari Vinales.

Catatan waktu Lorenzo lebih lamban daripada saat tes hari pertama. Pada saat itu pebalap asal Spanyol tersebut berhasil menjadi yang tercepat dan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 55,452 detik pada lap ke-23.

“Saya tidak tahu mengapa tidak tidak bisa mempertajam catatan waktu. Sepertinya seperti ini, saat Anda menggunakan ban baru, Anda tidak merasakan perbedaan besar seperti di Sepang. Jadi, hari ini kami mencoba ban lunak dan terutama ban kiri. Tapi, itu tak berjalan bagus,” ujar Lorenzo, seperti dilansir Crash.

“Sayangnya saat melakukan simulasi kami tidak berpikir opsi ban lunak hasilnya buruk. Jadi kami tidak mempersiapkan opsi ban keras seperti kemarin dan itulah sebabnya saya merasa simulasi balapan berjalan tak fantastis,” sambung pebalap berjuluk X-Fuera tersebut.

Lorenzo mengakui ban keras Michelin menjadi opsi terbaik untuk motor tunggangannya YZR-M1. Namun, dia masih menemukan kekurangan, terutama karena ban tersebut membutuhkan grip ekstra saat di tengah tikungan.

“Saat ini ban keras adalah opsi terbaik bagi kami. Tapi kami membutuhkan kerja lebih banyak supaya ban bisa lebih nge-grip di tengah tikungan,” ujar Lorenzo.

“Saya adalah satu di antara sedikit pebalap yang tak mampu mempertajam catatan waktu dan normalnya semua orang bisa melakukannya. Tapi saya berharap besok (tes hari ketiga) bisa menambah kecepatan,” imbuh juara dunia lima kali tersebut.

Lorenzo juga mengaku tak khawatir dengan hasil sepanjang dua hari tes pramusim MotoGP di Losail. Selain Maverick Vinales yang tampil impresif, Iannone juga mulai memberikan ancaman.

“Sepertinya hari ini Ducati ada perbaikan dan motor mereka memang lebih kompetitif sejak pertama. Namun, saya tidak khawatir,” tegas Lorenzo.

Video Populer

Foto Populer