Sukses


Empat Kali Naik Podium, Marc Marquez Pede ke MotoGP Prancis

Bola.com, LeMans - Rider Repsol Honda, Marc Marquez, bakal turun dengan rasa percaya diri yang tinggi di lanjutan MotoGP yang digelar di sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (8/5/2016). Sejauh ini Marquez adalah satu-satunya rider MotoGP yang selalu naik podium di musim 2016 yang sudah berlangsung sebanyak empat seri. 

Pebalap berjuluk Baby Alien ini naik podium pertama di Argentina dan Austin. Sementara di Qatar dan Jerez, Marquez naik podium ketiga.

Jika melihat apa yang diperlihatkan tim Repsol Honda semasa pramusim, hasil ini sedikit di luar dugaan. Dalam tiga kesempatan tes pramusim, baik Marquez maupun rekan setimnya, Dani Pedrosa, tak mencatat hasil yang mengesankan.

Kedua rider asal Spanyol itu terlihat kesulitan menyesuaikan diri dengan ban Michelin yang baru dipakai musim ini menggantikan Bridgestone. Mereka juga harus beradaptasi dengan sistem Electronic Control Unit (ECU) yang baru. Beberapa kali mereka bahkan sempat terjatuh saat tes.

Meski kondisi tersebut sudah membaik, saat ini motor Honda RCV213V yang ditunggangi Marquez tetap memiliki kelemahan dalam akselerasi. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang menyulitkan Marquez karena sirkuit Le Mans punya karakter stop and go yang butuh motor dengan akselerasi cepat.

"Saya menyukai Le Mans meski butuh beberapa hal untuk menaklukkan sirkuit ini. Karakter stop and go di sirkuit dengan sejumlah tikungan lambat ini membuat pengereman dan akselerasi menjadi hal yang krusial," kata Marquez seperti dikutip crash.

Saat menang di Austin, Marquez menilai motornya tampil melebihi ekspektasi.

"Saya tak tahu apakah mengalami kondisi seperti di Austin, ketika motor keluar dari tikungan lambat dengan kecepatan yang melebihi perkiraan, atau kondisi dan tantangan di LeMans lebih besar," lanjut juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 ini.

Empat kali podium dalam empat lomba yang sudah digelar, dua diantaranya di podium tertinggi, membuat Marquez tampil dengan rasa percaya diri yang tinggi. Kini ia punya keunggulan 17 poin dari Jorge Lorenzo di klasemen sementara.

"Selama tes di Jerez kami mengumpulkan informasi dan data soal ECu dan sasis. Hal itu pasti akan berguna dipakai di Le Mans," kata Marquez.

Musim lalu, Marc Marquez menempati posisi terdepan saat start di MotoGP Prancis. Namun saat lomba, ia mengalami kesulitan di grip ban depan dan hanya finis di posisi empat.

Video Populer

Foto Populer