Sukses


Ini Efek Domino Kepindahan Lorenzo dari Yamaha ke Ducati

Bola.com, Jakarta - Kepindahan Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha ke Ducati sudah diumumkan pada 18 April 2016. Sejak saat itu, bursa transfer pebalap MotoGP memanas.

Kepindahan Lorenzo memunculkan efek domino. Bukan hanya mengenai calon penggantinya di Yamaha, tapi juga merembet ke tim-tim lainnya. Honda sempat bergolak, begitu juga Suzuki.

Baca Juga

Yang paling menjadi pembicaraan hangat adalah calon pengganti Lorenzo. Yamaha harus mencari pebalap hebat untuk menggantikan seorang juara dunia seperti Lorenzo. 

Sejumlah nama muncul ke permukaan. Mulai dari Maverick Vinales (Suzuki), Dani Pedrosa (Repsol Honda), Andrea Iannone (Ducati) hingga Pol Espargaro (Monster Tech 3 Yamaha). Namun, dari sekian nama, Vinales dikabarkan menjadi pemenang persaingan. Media-media Eropa meyakini pengumuman kepindahan Vinales ke tim Garpu Tala bakal dilakukan pekan ini. Adapun kontrak resmi dengan Yamaha, kabarnya sudah ditandatangani pebalap muda Spanyol itu pada Sabtu (14/5/2016) lalu. 

Pebalap Honda, Dani Pedrosa, sempat terseret ke bursa transfer ke Yamaha. Namun, isu tersebut akhirnya terpatahkan. Pedrosa malah resmi memperpanjang kontrak dengan Honda hingga 2018. Itu artinya, kemungkinan formasi pebalap Honda tak akan berubah. Marc Marquez juga sedang bernegosiasi dengan Honda untuk perpanjangan kontrak. 

Pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales. (EPA/Eddy Lemaistre)

Kepindahan Vinales ke Yamaha tentu memunculkan pertanyaan baru. Siapa yang akan menggantikan pebalap berusia 21 tahun tersebut di Suzuki?

Iannone disebut-sebut langsung bernegosiasi dengan Suzuki untuk menggantikan posisi Vinales. Namun, Iannone tak sendiri. Dia bakal bersaing dengan Alex Rins dan Johann Zarco untuk mendapatkan kursi di pabrikan asal Jepang tersebut.

Kebetulan nasib Iannone di Ducati terancam. Kabarnya, pabrikan asal Italia tersebut lebih memilih Andrea Dovizioso untuk menemani Lorenzo. Bahkan, kontrak baru pun sudah ditandatangani Dovizioso.

Dua pebalap Italia yang memperkuat Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, diincar oleh Suzuki yang disebut telah kehilangan Maverick Vinales. (EPA/Giorgio Benvenuti)

Menarik ditunggu bagaimana kelanjutan bursa transfer MotoGP pada musim ini. Yang pasti, semua kesibukan di bursa transfer tak lepas dari efek domino kepindahan Lorenzo dari Yamaha ke Ducati.

Video Populer

Foto Populer