Sukses


Jorge Lorenzo Jadikan Valentino Rossi sebagai Inspirasi

Bola.com, Palma - Jorge Lorenzo sudah 14 tahun berkarier di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Sejak debut di kelas 125cc pada 2002, pebalap asal Spanyol itu telah meraih lima gelar (250cc 2x dan MotoGP 3x). Di antara rider lain yang ada di grid MotoGP 2016, prestasi Lorenzo hanya kalah dari Valentino Rossi yang sudah meraih sembilan titel.

Sosok Lorenzo sudah banyak berubah ketimbang dirinya masih berusia 15 tahun. Dalam usia 29 tahun, pebalap Yamaha itu kini menjadi salah satu rider yang paling berpengalaman di grid. Hanya dua sifat yang tak berubah dari diri Lorenzo, yakni ambisius dan perfeksionis.

"Saya punya kesempatan menikmati hidup, tapi memilih tak melakukannya demi meraih hasil maksimum dalam karier. Lebih baik saya hidup seperti orang Budha. Menurut saya, jika ingin jadi juara dunia, jangan menjalani hidup ala bintang balap 70-an seperti Barry Sheene dan James Hunt," kata Lorenzo kepada GPOne.

Karena hidupnya terlalu serius, Lorenzo kerap dianggap arogan. Namun, pebalap berjulukan X-Fuera itu memilih tak ambil pusing dengan penilaian orang lain kepada dirinya.

"Saya sudah banyak berubah. Namun, saya tak akan mengubah sikap saya saat berada di garasi atau menjelang balapan. Saya akan tetap fokus dan serius. Bagus jika kalian suka, kalau tidak juga tak masalah. Saya hanya ingin menjalani hidup sesuai keinginan saya," ujar Jorge Lorenzo.

Lorenzo ingin memiliki karier yang panjang di MotoGP. Karena itu, tak ada cara lain baginya kecuali menjalani hidup layaknya pebalap profesional.

"Saat masih muda, saya masih tetap segar setelah menjalani balapan. Sekarang lebih sulit. Apalagi kalau habis pesta, proses pemulihan bisa memakan waktu dua hari! Bagaimana nanti kalau menjelang usia 40 tahun? Karena itu, sangat penting untuk menjaga pola makan, bekerja keras, dan tetap berpikir positif," kata Lorenzo.

Lorenzo mengambil inspirasi dari Rossi. The Doctor tetap mampu berprestasi dan bersaing di level tertinggi dengan pebalap yang lebih muda meski usianya saat ini sudah menginjak 37 tahun.

"Valentino Rossi jadi contoh yang paling sempurna. Dengan tempat latihan (ranch) dan selalu dikelilingi pebalap belia, maka dia terlihat awet muda. Semangat anak muda itu yang membuatnya awet di MotoGP. Sangat penting bagi seorang pebalap untuk terus memiliki mimpi dan motivasi," ujar Jorge Lorenzo.

Video Populer

Foto Populer