Sukses


5 Fakta Menarik Usai Crutchlow Kuasai MotoGP Brno

Bola.com, Brno - Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, membuat kejutan dengan menjuarai balapan MotoGP Brno, Minggu (21/8/2016). Ini merupakan kemenangan pertama Crutchlow pada kelas MotoGP sepanjang kariernya.

Selain itu, kemenangan Crutchlow menjadikannya sebagai pebalap Inggris pertama yang memenangi balapan kelas Grand Prix sejak tahun 1981. Pebalap Inggris terakhir yang pernah menjadi juara pada ajang Grand Prix adalah barry Sheene.

Seperti diketahui, Crutchlow tampil luar biasa pada balapan MotoGP Brno. Sempat tercecer di luar 10 besar, pebalap berusia 30 tahun itu mampu melesat dan melewati para pebalap di depannya.

Dia menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis dengan catatan waktu 47 menit 44,290 detik. Crutchlow unggul 7,298 detik dari Valentino Rossi yang finis kedua.

Sama seperti Crutchlow, Rossi juga membuat aksi gemilang. Mengawali balapan dari posisi keenam, Rossi kemudian melorot hingga posisi ke-13. Namun, itu tak membuatnya menyerah. The Doctor sukses melewati satu per satu pebalap di depannya untuk nangkring pada posisi kedua. Ini tercatat sebagai comeback terbaik Rossi musim ini.

Berikut ini lima fakta menarik yang tercipta usai balapan MotoGP Brno, Minggu (21/8/2016):

1. Ini merupakan kemenangan pertama buat Cal Crutchlow dan juga LCR Honda sepanjang keikutsertaan mereka pada ajang MotoGP. Pencapaian terbaik Crutchlow di MotoGP sebelumnya adalah podium kedua.

2. Kemenangan Cal Crutchlow juga berbuah rekor. Dia menjadi pebalap Inggris pertama yang memenangkan kejuaraan kelas Grand Prix dalam 35 tahun terakhir. Pebalap Inggris terakhir yang menjuarai balapan Grand Prix adalah Barry Sheene yang jadi juara di Swedia pada tahun 1981.

3. Kegagalan Jorge Lorenzo finis di 10 besar pada balapan MotoGP Brno bukan yang pertama. Ini merupakan kegagalan kedua pebalap Movistar Yamaha itu dalam tiga balapan terakhir. Sebelumnya, dia hanya finis pada posisi ke-15 pada balapan MotoGP Jerman, 17 Juli 2016.

4. Prestasi luar biasa ditorehkan pebalap Avintia Ducati, Loris Baz. Pria asal Prancis ini untuk pertama kalinya pada musim ini finis di posisi lima besar, yaitu posisi empat. Namun, dia sudah pernah merasakan posisi keempat pada musim lalu saat balapan di San Marino.

5. Kesuksesan Valentino Rossi finis di podium kedua MotoGP Brno diwarnai aksi comeback yang luar biasa. Sempat tercecer di posisi ke-13, The Doctor menyalip satu per satu pebalap di depannya untuk menduduki posisi kedua. Tercatat ini menjadi comeback paling luar biasa yang dilakukan Rossi pada musim ini.

Video Populer

Foto Populer