Sukses


Suzuki Diyakini Jadi Bala Bantuan Rossi Jegal Marquez di Motegi

Bola.com, Motegi - Pengamat MotoGP, Matthew Birt, menyebut pebalap Suzuki bisa saja membantu Valentino Rossi untuk menjegal Marc Marquez pada balapan seri Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, akhir pekan ini.

Birt menilai, performa pebalap Suzuki belakangan ini mulai memperlihatkan kemajuan pesat. Dia yakin, pebalap asal Spanyol itu bisa merusak ambisi Marquez untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2016 di Motegi.

"Saya merasa pebalap Suzuki-lah yang bakal merusak selebrasi Marquez," ujar Birt seperti dikutip situs resmi MotoGP, Selasa (11/10/2016).

Birt menjelaskan, sejak melakukan tes di Brno, Rep. Ceska, pada pengujung Agustus, performa Suzuki meningkat pesat. Kuda besi GSX-RR yang digeber Maverick Vinales dan Aleix Espargaro sudah tak lagi mengalami masalah grip ban belakang yang selama ini menjadi titik lemah Suzuki.

Pada tiga balapan setelah tes di Brno, Vinales selalu start dari baris terdepan dan tak pernah finis di luar posisi lima besar, termasuk saat meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Silverstone, Inggris.

"Karakter Motegi yang banyak memiliki tikungan lambat menuntut motor memiliki grip ban yang bagus untuk melahap zona hard braking. Jika Suzuki bisa menjaga grip ban belakang tetap oke hingga akhir lomba, maka Vinales bisa bersaing untuk jadi juara," kata Birt.

Suzuki sebenarnya sudah lama tak jadi juara di Motegi. Terakhir kali pabrikan asal Jepang ini menjadi kampiun pada tahun 1999 lewat Kenny Roberts Jr.
Namun, setelah itu pabrikan Jepang tersebut tak pernah juara lagi pada balapan kandang. Prestasi terbaik mereka di era MotoGP adalah posisi kelima yang ditorehkan John Hopkins pada 2005.

"Saya tak akan terkejut jika Suzuki mampu memutus dahaga kemenangan di hadapan pendukung sendiri pada akhir pekan ini," tutur Birt.

Bisa dibilang, ada tiga faktor yang bisa menghalangi pesta Marc Marquez pada MotoGP Jepang di Motegi, akhir pekan ini. Selain memiliki rekor buruk dan hadangan Valentino Rossi, masih ada Suzuki.

Video Populer

Foto Populer