Sukses


Sportif, Rossi Mengaku Salah dan Sebut Marquez Layak Juara

Bola.com, Motegi - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengakui telah membuat kesalahan sehingga terjatuh dan gagal finis pada balapan MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).

Rossi crash pada lap ketujuh saat berada di posisi kedua dan sedang berusaha mengejar sang pemimpin lomba, Marc Marquez (Repsol Honda). Ban depannya selip ketika melibas tikungan 10 yang merupakan hairpin lambat sehingga harus mengakhiri lomba lebih awal.

Rossi menilai insiden yang dialaminya agak aneh. The Doctor mengatakan tak melakukan hal berbeda dengan lap sebelumnya saat melibas hairpin.

"Jujur, saya tak merasakan apapun. Saya tak terlalu cepat, terlalu melebar, atau terlalu dalam. Namun, karena ban depan saya selip, logikanya saya membuat kesalahan," kata Rossi seperti dikutip dari situs Crash.

Rossi sebenarnya berpeluang meraih kemenangan karena memulai lomba dari pole position. Namun, start pebalap asal Italia itu kurang sempurna sehingga posisinya disalip rekan setim, Jorge Lorenzo, dan Marquez selepas lap pertama.

"Start saya kurang bagus sehingga posisi saya direbut Lorenzo dan Marquez. Setelah itu, Marquez sedikit lebih cepat daripada saya dan mampu menyalip Lorenzo. Saya kehilangan banyak waktu di belakang Lorenzo. Namun, kecepatan saya sebenarnya bagus," ujar Rossi.

Rossi terjatuh berselang satu lap setelah menyalip Lorenzo. Saat tersungkur di gravel, dia sempat terhimpit motor sebelum dibantu marshal untuk berdiri dan kembali mengendarai motor hingga ke pit lane.

"Untungnya saya baik-baik saja. Namun, di sisi lain insiden ini patut disayangkan karena saya merasa cukup kuat dan cepat," tutur Rossi, yang sudah empat kali gagal finis sepanjang musim ini.

Setelah Rossi terjatuh, Lorenzo juga crash out lima lap sebelum balapan berakhir. Karena Rossi dan Lorenzo gagal finis, Marquez yang memenangi balapan akhirnya sukses menyegel titel MotoGP 2016 di Motegi.

"Marquez lebih konsisten ketimbang saya dan Lorenzo. Jadi, dia sangat layak menjadi juara dunia," kata Rossi kepada Movistar.

Bagi Yamaha, inilah untuk pertama kalinya dua pebalap mereka crash out pada satu race weekend sejak balapan basah MotoGP Inggris 2011 di Sirkuit Silverstone.

Selepas MotoGP Jepang, Valentino Rossi masih unggul 14 poin atas Jorge Lorenzo di posisi kedua klasemen sementara. Persaingan antara keduanya dipastikan masih sengit pada tiga seri terakhir untuk memperebutkan status runner-up.

Video Populer

Foto Populer