Sukses


MotoGP 2017: Rossi dan Lorenzo Beda Suara Soal Ban Michelin

Bola.com, Sepang - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyetujui rencana Michelin menghapus ban intermediet pada MotoGP 2017. Menurut The Doctor, ketiadaan ban tersebut tak berpengaruh besar buat pebalap.

"Kemungkinan pebalap memakai ban intermediet saat lomba sangat kecil. Selain itu, ban Michelin juga lebih baik ketimbang Bridgestone di kondisi trek yang tak terlalu basah atau kering," kata Rossi seperti dikutip dari Autosport, Rabu (2/11/2016).

Michelin memperkenalkan ban intermediet setelah resmi menggantikan Bridgestone sebagai pemasok ban tunggal MotoGP mulai 2016. Ban tersebut menjadi salah satu pilihan ban yang bisa dipakai pebalap dalam kondisi trek yang basah akibat hujan dan diprediksi mengering saat lomba.

Namun, para pebalap tak terlalu menyukai ban intermediet. Ban tersebut tercatat baru sekali dipakai pada MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, 17 Juli 2016. Bahkan, pada balapan flag-to-flag itu sang pemenang Marc Marquez memilih langsung mengganti ban basah ke ban kering saat trek mulai mengering.

Michelin pun menjadikan ban intermediet sebagai salah satu topik bahasan dalam rapat komisi keselamatan pebalap di sela-sela penyelenggaraan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (28/10/2016). Keputusan akhir terkait wacana penghapusan ban intermediet akan diambil oleh asosiasi pabrikan MotoGP (MSMA).

Jika Rossi mendukung wacana penghapusan ban intermediet, tak demikian dengan duo Ducati pada MotoGP 2017, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Menurut keduanya, ban intermediet masih berguna meski cuma digunakan pada sesi latihan bebas dan kualifikasi.

"Ban intermediet bagus buat keselamatan. Saya rasa dalam kondisi trek yang setengah basah dan kering, ban tersebut lebih aman. Menurut saya, sebaiknya ban intermediet tetap ada, tapi mungkin tak digunakan saat lomba," ujar Dovizioso.

"Saya merasa lebih aman memakai ban intermediet karena ban kering akan sulit dipanaskan dalam kondisi trek yang dingin dan masih setengah basah. Entah bagaimana keputusannya nanti, tapi saya berharap Michelin tetap menyediakan ban intermediet pada MotoGP 2017," tutur Lorenzo, rekan setim Valentino Rossi di Movistar Yamaha.

Video Populer

Foto Populer