Sukses


Tes Sepang: Ducati Gunakan Wheel Covers, Yamaha Pakai Winglet

Bola.com, Sepang - Seluruh tim pabrikan MotoGP (Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM) merampungkan tes privat di Sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (27/1/2017). Hari terakhir ini menjadi kesempatan final mereka untuk menguji motor sebelum dipakai pebalap utama pada tes pramusim resmi di tempat yang sama pada awal pekan depan.

Sama seperti pada dua hari pertama, sesi pagi tes pada hari ketiga ini juga sempat tertunda karena kondisi trek yang basah akibat diguyur hujan pada malam hari. Namun, cuaca cerah membuat trek cepat kering sehingga seluruh tim bisa menjalani tes dengan lancar.

Ducati kembali mencuri perhatian pada hari ketiga. Setelah membuat kehebohan dengan memperkenalkan box hitam misterius (yang mereka sebut sebagai kotak salad) di bawah ekor motor Desmosedici GP17 pada hari pertama, Rabu (25/1/2017), kali ini pabrikan asal Italia itu memamerkan pengembangan teknis baru lainnya.

Seperti dilansir Crash, pebalap penguji Ducati, Michele Pirro, turun lintasan dengan ban motor yang dilengkapi wheel covers. Ducati sempat mencoba wheel covers yang sama di Misano pada September 2016.

Bedanya, di Misano Ducati hanya memasang wheel covers pada ban belakang. Kali ini, wheel covers tersebut dipasang di ban depan dan belakang. Di Misano, Ducati mengatakan covers tersebut dipakai untuk mengevaluasi aerodinamika motor.

Pebalap penguji Ducati lainnya Casey Stoner juga beraksi pada hari ketiga. Namun, Stoner sempat dua kali berhenti di trek, keduanya di tikungan 12, akibat masalah teknis.

Yamaha juga membuat terobosan menarik. Tim Garpu Tala memasang winglet berwarna putih di motor YZR-M1 yang dikendarai pebalap penguji Katsuyuki Nakasuga.

Winglet sudah dilarang pada MotoGP 2017. Namun, beberapa tim kerap memasang kembali sayap aerodinamika itu dalam tes. Menurut Crash, hal tersebut dilakukan untuk lebih memahami adaptasi setelan motor tanpa winglet.

Hiroshi Aoyama (Honda), Mike di Meglio (Aprilia), dan Mika Kallio (KTM) juga melakukan tes untuk tim masing-masing. Namun, ketiga tim pabrikan itu tak memperlihatkan perubahan motor atau memamerkan terobosan teknis lain yang mencolok.

Pada sesi sore, tes kembali terganggu hujan. Namun, Kallio dan Pirro tetap turun lintasan untuk menguji performa motor di trek basah. Akibat cuaca buruk, tim mendapat waktu tambahan tes selama setengah jam.

Tim-tim lain di luar tim pabrikan (Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM) dikabarkan Crash sudah mulai berdatangan ke Sepang dan membereskan garasi masing-masing pada Jumat. Tes pramusim resmi MotoGP pertama pada 2017 di Sepang akan berlangsung selama tiga hari mulai Senin (30/1/2017).

Video Populer

Foto Populer