Sukses


Sete Gibernau Gantikan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Jerez

Bola.com, Jerez - Situs Crash.net pada Rabu (1/3/2017) mengungkap rahasia di balik tes privat Repsol Honda di Sirkuit Jerez, Spanyol, 24-25 Februari 2017. Mantan pebalap 500cc/MotoGP, Sete Gibernau, ternyata sempat turun lintasan pada hari pertama tes menggantikan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Hari pertama tes privat Repsol Honda terganggu cuaca buruk. Repsol Honda pun memutuskan membatalkan rencana tes pada hari itu.

Namun, Repsol Honda tetap melakukan shakedown lap (tes motor). Shakedown lap dilakukan guna mengecek kondisi kesiapan motor sebelum digunakan pada tes keesokan harinya. Menariknya, yang menggeber motor RC213V bukan dua pebalap utama Repsol Honda melainkan Gibernau yang bekerja sebagai penasihat teknik Pedrosa pada MotoGP 2017.

Mengapa Repsol Honda malah menurunkan Sete Gibernau? Mengapa yang turun lintasan bukan Marc Marquez atau Dani Pedrosa?

Repsol Honda menurunkan Gibernau buat menyiasati limit tes privat MotoGP. Setiap pebalap hanya dibatasi melakukan tes privat selama lima hari dalam semusim.

Berdasarkan peraturan, melakukan shakedown lap meski hanya beberapa putaran sudah dihitung satu hari tes. Kalau Repsol Honda menurunkan Marquez atau Pedrosa, maka satu jatah hari tes mereka terbuang sia-sia.

Padahal, waktu tes selama sehari itu sangat krusial buat pengembangan motor dan bisa membuat perbedaan saat musim sudah berjalan. Daripada jatah hari tes Marquez dan Pedrosa terbuang sia-sia hanya untuk melakukan shakedown lap, Repsol Honda pun mengakalinya dengan memakai jasa Gibernau yang turut hadir di sirkuit.

HRC pernah melakukan taktik serupa pada tes privat di Sirkuit Misano tahun lalu. Kala itu, HRC meminta bantuan adik Marc Marquez, Alex.

Marc Marquez dan Dani Pedrosa baru bisa menjalani program tes yang tertunda pada hari kedua setelah cuaca mulai bersahabat. Pada sesi sore tes, Marquez dikabarkan mengalami insiden dan menderita cedera dislokasi bahu minor.

Video Populer

Foto Populer