Sukses


Ducati: MotoGP Ajang Balap Terbaik di Dunia

Bola.com, Berlin - Sporting Director Ducati, Paolo Ciabatti, mengatakan MotoGP saat ini masih berstatus sebagai ajang balap motor terbaik di dunia. Menurut Ciabatti, level MotoGP berada satu tingkat di atas Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK).

"MotoGP dan WSBK sama-sama kejuaraan besar. Lima pebalap terbaik di WSBK juga bisa tampil bagus di MotoGP. WSBK sempat punya peluang untuk berkembang saat cuma ada tiga pabrikan yang berkompetisi di MotoGP. Namun, saat ini MotoGP masih yang terbesar," kata Ciabatti seperti dikutip dari Speedweek, Minggu (8/10/2017).

MotoGP dan WSBK saat ini berada di bawah naungan promotor yang sama, yaitu Dorna Sports. Karena itu, Ciabatti yakin tak akan ada persaingan antara MotoGP dan WSBK.

"Dorna tak akan membiarkan kedua kejuaraan itu berkompetisi. Ide itu sangat bodoh. Mereka pasti akan mencari cara agar MotoGP bisa terus tumbuh dan pada saat yang bersamaan WSBK juga bisa semakin populer," ujar Ciabatti.

Ciabatti mengaku menyukai eksistensi WSBK. Dia mengatakan Ducati akan terus berkompetisi pada kejuaraan tersebut selain di MotoGP.

"Kami memang selalu tertarik untuk ambil bagian pada kejuaraan yang stabil dengan cakupan siaran televisi yang luas di banyak negara. Kekurangan WSBK hanya satu, jumlah penontonnya di sirkuit tak sebanyak MotoGP," kata Ciabatti.

Ciabatti mengatakan ada beberapa alasan yang membuat WSBK bisa terus eksis. Dia pun memberikan masukan agar ke depannya WSBK minimal bisa mendekati level MotoGP.

"Saat ini sangat penting mencari cara agar WSBK bisa sukses. Salah satunya adalah membuat kalender balap yang lebih luwes tanpa jeda yang terlalu panjang. Soal kompetisi, persaingan di WSBK sudah mulai semakin menarik. Kawasaki memang masih dominan, tapi Ducati, Yamaha, dan Honda mulai memperlihatkan kemajuan pada musim ini," ujar Ciabatti.

"WSBK itu penting bagi pabrikan yang tak punya dana cukup untuk berinvestasi di MotoGP atau memang tak ingin tampil di sana seperti Kawasaki dan MV Augusta. Pebalap yang tak mendapat kursi di MotoGP juga bisa berkiprah di WSBK untuk perbaikan karier. Selain itu, WSBK ideal untuk negara yang ingin menggelar balapan kelas dunia tapi tak punya sumber daya finansial kuat untuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP karena terlalu mahal," tutur Ciabatti.

 

Video Populer

Foto Populer