Sukses


MotoGP: Dovizioso Dianggap Lebih Pantas Juara Ketimbang Marquez

Valencia - kiprah Andrea Dovizioso yang mengejutkan publik dalam MotoGP musim ini membuat Oriol Puigdemont kagum. Pengamat MotoGP itu bahkan menilai Dovi lebih layak juara ketimbang Marc Marquez.

Bukan tanpa alasan Oriol menyampaikan pendapatnya. Itu karena jumlah kemenangan Dovizioso bakal bertambah jadi 7, lebih unggul dari Marquez yang koleksi 6 kemenangan di MotoGP musim ini.

"Banyak yang kesamaan antara apa yang terjadi MotoGP 2006 dan 2017, saat Nicky Hayden secara mengejutkan curi gelar juara dari Valentino Rossi. Padahal tak ada yang memprediksinya bisa lakukan itu," kata Oriol seperti dikutip motorsport.

"Untuk mendapatkan peluang juara, Dovizioso wajib menang di Valencia. Dengan begitu dia bakal dapatkan 7 kemenangan. Ini prestasi fenomenal tersendiri buat dirinya, tak peduli apapun yang terjadi," ucapnya.

Tugas Dovizioso untuk benar-benar mewujudkan gelar juara memang lebih berat ketimbang apa yang dihadapi Hayden. Kala itu, mendiang Hayden hanya defisit 8 poin dari Rossi. Sedangkan Dovizioso terpaut 21 poin dari Marquez.

 

 

2 dari 3 halaman

Lompatan Prestasi

Oriol mengatakan publik sepatutnya mengesampingkan poin untuk melihat siapa pembalap yang berhasil di MotoGP 2017. Dia menilai MotoGP 2017 pantas menjadi milik Dovizioso.

"Dia bertransformasi dari pembalap pelapis Lorenzo menjadi pembalap utama di Ducati. Itu juga ditambah dengan beberapa aksi ciamik saat balapan," katanya.

General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna, tak membantah adanya perintah team order pada MotoGP Malaysia dan menilai peluang Andrea Dovizioso untuk meraih gelar sangatlah tipis. (dok. MotoGP)

"Kebetulan, satu-satunya pembalap yang bisa kalahkan jumlah kemenangan Marquez hanya Lorenzo. Jika dia melakukannya lagi tahun ini, dia menjadi pembalap kedua yang melakukan hal yang sama. Skornya bisa sama 6-6 atau 7-6 untuk Dovizioso," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Kunci Sukses Dovizioso

Menurut Oriol, Dovizioso tak punya trik-trik khusus rebut sukses. Dovizioso disebutnya punya kapasitas analisa teknis yang luar biasa.

Ini membuat dia paham kelemahan dan kekuatan Ducati. "Mau tak mau, prestasi ini juga akan berpengaruh kepada nilai kontraknya jika kembali negoisasi dengan Ducati," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer