Sukses


6 Fakta Menarik Lomba MotoGP Jerez: Kemenangan Perdana Fabio Quartararo sampai Marc Marquez dan Valentino Rossi Gagal Finis

Bola.com, Jerez - Penuh drama. Lomba seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, langsung menyajikan banyak aksi menarik, Minggu (19/7/2020).

Dua pembalap top, Marc Marquez dan Valentino Rossi harus gagal finis MotoGP Jerez. Marquez mengalami high side saat sedang coba menyalip Maverick Vinales di posisi kedua saat lomba tersisa empat lap lagi.

Nahasnya Marquez juga sudah keluar trek pada awal lomba dalam kondisi sedang memimpin jalannya lomba.

Sementara Valentino Rossi terkendala teknis pada motor Yamaha YZR-M1. Dia tiba-tiba memarkir motornya di samping trek ketika lomba tersisa lima lap lagi.

Dan pembalap tim satelit Petronas Yamaha, Fabio Quartararo bisa memanfaatkan insiden yang dialami Marc Marquez untuk meraih kemenangan perdana di ajang MotoGP.

Bola.com pun coba merangkum 6 fakta menarik dari gelaran lomba MotoGP Jerez. Berikut daftarnya:

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

6 Fakta Menarik

  1. Valentino Rossi sudah sangat lama tidak merasakan gagal finis saat tampil pada seri pertama MotoGP. Kali terakhir ia mengalaminya pada seri 1 tahun 2000 di Sirkuit Phakis, Afrika Selatan. Kala itu masih bernama kelas 500cc.
  2. Hanya ada dua pembalap menggunakan ban kompon lunak untuk bagian depan di lomba MotoGP Jerez. Keduanya adalah duo Yamaha: Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Hasilnya Vinales start sebagai pole position, finis kedua. Rossi tidak finis akibat kendala teknis motor.
  3. Marc Marquez untuk kali pertama sejak naik kelas ke MotoGP tahun 2013 harus gagal finis pada lomba putaran pertama. Kali terakhir ia tak finis di seri 1 saat masih berlomba di Moto2 tahun 2011: lomba di Sirkuit Losail.
  4. Fabio Quartararo adalah pemenang lomba MotoGP pertama asal Prancis sejak Valencia tahun 1999. Kala itu, rekan senegaranya, Regis Laconi finis perdana.
  5. Fabio Quartararo juga menghadirkan kemenangan perdana untuk tim satelit Petronas Yamaha sejak turun di MotoGP tahun lalu. Plus pembalap asal Prancis ini juga merasakan podium pertama perdana di kelas MotoGP.
  6. Lomba MotoGP Jerez 2020 urung diikuti dua pembalap akibat cedera. Keduanya adalah Alex Rins dan Cal Crutchlow. Rins kecelakaan pada sesi kualifikasi, Sabtu (18/7/2020). Sementara Crutchlow kecelakaan ketika mengikuti sesi warm-up, Minggu (19/7/2020).

 

Video Populer

Foto Populer