Sukses


Distribusi Kemenangan dan Podium di MotoGP 2020: Yamaha Dominan, tapi yang Pimpin Klasemen Pembalap Suzuki

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2020 telah menggelar sebelas seri. Menuju balapan putaran 12 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 8 November, setidaknya ada enam pembalap sedang bersaing jadi juara dunia.

Joan Mir sebagai pimpinan klasemen sudah memiliki 137 poin atau unggul 14 poin dari urutan kedua, Fabio Quartararo. Fakta pembalap Suzuki itu sedang berada di posisi teratas sangat menarik.

Karena Joan Mir meski sudah naik podium enam kali, tapi rider asal Spanyol itu sama sekali belum menang. Jika catatan naik podium dan kemenangan jadi pertimbangan, pembalap Yamaha lebih layak di puncak.

Tercatat pembalap Yamaha sudah memiliki enam kemenangan musim ini dengan rincian tiga kali dari Fabio Quartararo, dua milik Franco Morbidelli, dan sekali dipersembahkan Maverick Vinales.

Soal jumlah kemenangan, Suzuki sendiri baru mengumpulkan satu podium teratas lewat kontribusi Alex Rins di MotoGP Aragon. Jumlah satu kemenangan bahkan lebih sedikit ketimbang Ducati dan KTM yang masing-masing punya dua raihan finis terdepan.

Untuk urusan pabrikan paling sering naik podium, Yamaha juga memimpin lewat angka sepuluh kali. Trio Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli masing-masing naik podium tiga kali, plus sekali sumbangan Valentino Rossi.

Tapi jika podium jadi pertimbangan, rider Suzuki bisa bersaing dengan Yamaha. Kini duo Suzuki: Joan Mir dan Alex Rins sudah membawa motor GSX-RR finis tiga besar sebanyak sembilan kali.

Artinya hanya ada selisih 1 podium antara Yamaha dan Suzuki. Sungguh fantastis mengingat Suzuki hanya menurunkan dua pembalap di tim pabrikan. Sementara Yamaha masing-masing memiliki dua pembalap di tim pabrikan dan satelit.

Apakah pembalap Suzuki, dalam hal ini Joan Mir dan Alex Rins bakal jadi juara dunia MotoGP 2020? Atau justru salah satu dari Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli?

Jangan lupakan juga Andrea Dovizioso dari Ducati yang siapa tahu bisa membuat kejutan pada tiga seri terakhir. Yuk sama-sama kita tunggu siapa pemenang dari persaingan sengit ini.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Distribusi Kemenangan dan Podium di MotoGP 2020

Distribusi Kemenangan di MotoGP 2020

6 - Yamaha (3-Fabio Quartararo, 2-Franco Morbidelli, 1-Maverick Vinales)

2 - Ducati (1-Andrea Dovizioso, 1-Danilo Petrucci)

2 - KTM (1-Brad Binder, 1-Miguel Oliveira)

1 - Suzuki (1-Alex Rins)

 

Distribusi Podium di MotoGP 2020

10 - Yamaha (3-Fabio Quartararo, 3-Maverick Vinales, 3-Franco Morbidelli, 1-Valentino Rossi)

9 - Suzuki (6-Joan Mir, 3-Alex Rins)

6 - Ducati (2-Andrea Dovizioso, 2-Jack Miller, 1-Johann Zarco, 1-Danilo Petrucci)

5 - KTM (3-Pol Espargaro, 1-Miguel Oliveira, 1-Brad Binder)

2 - Honda (2-Alex Marquez)

 

Video Populer

Foto Populer