Sukses


Jelang MotoGP Eropa: Langgar Regulasi, Semua Tim Yamaha Dapat Pengurangan Poin

Bola.com, Valencia - MotoGP 2020 sedang masuk fase krusial. MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akhir pekan ini bakal jadi pembuka dari rangkaian tiga seri terakhir musim ini.

Nahasnya ketika persaingan sedang begitu ketat dan setiap poinnya sangat penting, Yamaha justru mendapat hukuman pengurangan poin.

Hal di atas didapat pabrikan asal Jepang itu lantaran melanggar regulasi soal homologasi mesin saat tampil pada seri 1 MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, 19 Juli.

FIM MotoGP Stewards memvonis tim Yamaha bersalah lantaran menggunakan komponen katup mesin yang tidak sesuai dengan sampel atau spesifikasi yang diberikan sebelum dimulainya MotoGP 2020.

"Karena pengawasan internal, Yamaha Motor Company gagal mematuhi protokol yang mengharuskan mereka mendapatkan persetujuan dengan suara bulat dari MSMA untuk perubahan teknis," tulis keterangan dari FIM MotoGP Stewards.

FIM MotoGP Stewards pun memberikan hukuman kepada Yamaha berupa pengurangan 50 poin di klasemen konstruktor.

Sementara tim Monster Energy Yamaha MotoGP mendapat pengurangan 37 poin di klasemen tim. Kemudian Petronas Yamaha SRT dikurangi 20 poin.

Pengurangan poin ini turut mengubah peta persaingan menjadi juara dunia tim dan konstruktor. Yamaha kini tergusur dari posisi puncak klasemen konstruktor dan berbalik tertinggal 13 poin dari Ducati.

Lalu Petronas Yamaha SRT juga semakin tertinggal dari Suzuki Ecstar pada klasemen tim. Kini kedua tim dipisahkan 27 poin dari yang sebelum hukuman ini dirilis hanya ada gap tujuh poin. 

2 dari 3 halaman

Tidak Memengaruhi Klasemen Pembalap

Kabar baiknya, hukuman pengurangan poin tidak berlaku untuk klasemen pembalap MotoGP 2020. Artinya empat pembalap Yamaha: Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi tidak mendapat pengurangan poin.

Hal di atas adalah kabar positif, utamanya buat tiga pembalap Yamaha YZR-M1: Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Maverick Vinales yang sedang bersaing jadi juara dunia MotoGP 2020.

Kini Fabio Quartararo di posisi kedua tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen, Joan Mir. Sementara Maverick Vinales punya gap 19 poin dan Franco Morbidelli memiliki selisih 25 poin dari Mir.

 

Sumber: Crash.net

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Perkembangan Terkini Pengerjaan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

Video Populer

Foto Populer