Sukses


Cerita Joan Mir Hampir Gabung Honda di MotoGP, tapi Akhirnya Pilih Suzuki

Bola.com, Jakarta Pembalap Suzuki, Joan Mir, tinggal selangkah lagi menyabet titel juara dunia MotoGP 2020. Siapa sangka, di balik kepindahannya ke Suzuki, Mir dulu pernah hampir gabung ke Honda.  

Davide Brivio, setelah mengantar Yamaha ke puncak dunia bersama Valentino Rossi, memutuskan memulai petualangan baru di Suzuki. Dia menjadi Manajer Tim Suzuki Ecstar. Setelah mengalami berbagai masalah yang lazim untuk sebuah proyek baru, pabrikan Jepang itu perlahan meningkat levelnya.

Musim ini, Suzuki secara mengejutkan menjadi penantang utama dalam pacuan juara dunia 2020. Joan Mir berpeluang mengunci gelar juara dunia pada balapan MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020). 

Mir selangkah lebih dekat menuju gelar setelah menjuarai balapan MotoGP Eropa, Minggu (8/11/2020). Suzuki menunjukkan kedigdayaannya pada balapan itu karena Alex Rins juga naik podium, tepatnya sebagai runner up. 

"Saya belum melihat statistik, tapi tentu saja ini musim bersejarah untuk Suzuki. Saya hanya tahu dengan podium ini kami telah mencatat sejarah di musim MotoGP," kata Brivio, seperti dilansir Tuttomoriweb, Senin (9/11/2020). 

"Ini akan menjadi gelar juara dunia untuk kali pertama bagi Suzuki sejak 2000. Mari berharap semoga berakhir seperti itu. Mungkin beberapa hari ini saya akan lebih memperbarui data soal statistik," imbuh Brivio.  

Saat ini, Joan Mir sudah duduk nyaman di puncak klasemen MotoGP 2020. Ia unggul jauh 37 poin atas peringkat kedua, Fabio Quartararo, yang secara terang-terangan mengatakan fokusnya sekarang adalah mengamankan peringkat kedua. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Bukan Pilihan yang Salah

Brivio kemudian membuka cerita tentang usaha Suzuki saat mendatangkan Joan Mir. Pembalap asal Spanyol itu resmi gabung Suzuki mulai MotoGP 2019. Ini musim keduanya di MotoGP. 

"Kali pertama saya bicara dengan Mir, dia bilang ada masalah. Ia mengaku telah memiliki opsi dengan Honda. Pada titik itu, saya bertanya kepadanya apa yang diinginkannya. Dia menjawab ingin ke Suzuki," tutur Brivio. 

Dan itulah yang terjadi. Joan Mir akhirnya memilih gabung ke Suzuki, dan menepikan opsi yang dimiliknya untuk memperkuat Honda, yang sejak beberapa tahun terakhir mendominasi persaingan di MotoGP melalui Marc Marquez. 

Pilihan Joan Mir tidak salah. Keputusannya memilih Suzuki tinggal selangkah lagi akan membawanya ke tangga juara dunia MotoGP 2020. 

Sumber: Tuttomoriweb

 

Video Populer

Foto Populer