Sukses


Joan Mir Juara Dunia 2020, Lanjutkan Dominasi Pembalap Spanyol di MotoGP

Bola.com, Valencia - Pembalap Suzuki, Joan Mir, akhirnya resmi menyandang gelar juara dunia MotoGP 2020. Status juara dunia disandangnya setelah finis ketujuh pada balapan MotoGP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). 

Raihan poin Joan Mir di puncak klasemen sudah tidak mungkin dikejar rival-rivalnya. Dengan menyisakan satu balapan lagi, ia sudah unggul 29 poin atas peringkat kedua, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). 

Pencapaian ini sangat femonenal bagi Joan Mir. Alasannya, ini baru musim keduanya di MotoGP, namun sudah langsung mencicipi gelar prestisius. 

Keberhasilan Joan Mir di MotoGP 2020 tidak lepas dari penampilannya yang konsisten. Meskipun baru sekali naik podium tertinggi, ia cukup konsisten naik podium. 

Munculnya Mir sebagai juara dunia MotoGP 2020 memperpanjang dominasi pembalap Spanyol di ajang balapan bergengsi dunia itu. Sejak musim 2012 hingga sekarang, gelar juara dunia selalu menjadi milik pembalap-pembalap asal Spanyol. 

Sebelum Joan Mir mencuat, gelar juara dunia didominasi oleh Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Tentu saja, Marc Marquez yang paling superior. 

Dalam delapan tahun, Marc Marquez, enam kali jadi juara dunia, termasuk dalam empat musim terakhir. Musim ini, dominasinya berakhir karena hantaman cedera. Marquez hanya tampil pada balapan pertama dan mengalami kecelakaan. Setelah itu ia absen hingga akhir musim. 

Berikut ini daftar juara MotoGP sejak 2012 hingga 2020 yang disapu bersih pembalap asal Spanyol, termasuk Joan Mir.  

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Daftar Juara Dunia MotoGP

2020: Joan Mir (Spanyol) - Suzuki

2019: Marc Márquez (Spanyol) - Honda

2018: Marc Márquez (Spanyol) - Honda

2017: Marc Márquez (Spanyol) - Honda

2016: Marc Márquez (Spanyol) - Honda

2015: Jorge Lorenzo (Spanyol) - Yamaha

2014: Marc Márquez (Spanyol) - Honda

2013: Marc Márquez (Spanyol)-  Honda

2012: Jorge Lorenzo (Spanyol) - Yamaha

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer