Sukses


Juara MotoGP 2020, Joan Mir Akhiri Penantian 20 Tahun Suzuki Tanpa Gelar

Bola.com, Valencia - Pembalap Suzuki Esctar, Joan Mir, mencetak sejarah setelah berhasil menjuarai MotoGP 2020. Gelar itu menjadi yang perdana buat Joan Mir, sekaligus mengakhiri panceklik gelar yang dialami Suzuki dalam 20 tahun terakhir.

Joan Mir meraih gelar juara MotoGP 2020 setelah finis di peringkat ketujuh pada balapan GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Sirkuit Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020) malam WIB. Pembalap asal Spanyol itu finis dengan catatan waktu atau lebih lambat 8,703 detik dari Franco Morbidelli yang jadi juara.

Gelar MotoGP 2020 diraih Joan Mir dengan koleksi 171 poin. Dengan satu balapan tersisa mustahil bagi pembalap lain untuk mengejar margin poin Joan Mir.

Gelar ini juga menjadi yang perdana diraih Suzuki sejak 2000. Terakhir kali pembalap Suzuki yang mampu meraih gelar MotoGP adalah pembalap asal Amerika Serikat, Kenny Roberts, Jr.

Secara keseluruhan, ini menjadi gelar ke yang diraih di MotoGP atau balapan di kelas paling bergengsi. Sebelumnya, pabrikan asal Jepang meraih gelar juara pada 1976, 1977, 1981, 1982, 1993, dan 2000.

Adapun Joan Mir menjadi pembalap Suzuki keenam yang berhasil mempersembahkan gelar. Pendahulu Joan Mir adalah Barry Sheene (Inggris), Marco Lucchinelli (Italia), Franco Uncini (Italia), Kevin Schwantz (Amerika Serikat), dan Kenny Roberts, Jr. (Amerika Serikat).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Rapor Joan Mir

Joan Mir memang layak meraih gelar juara di MotoGP 2020. Pembalap asal Spanyol itu tampil konsisten sepanjang musim.

Joan Mir sempat mengawali musim ini dengan buruk karena tak finis pada balapan di MotoGP Spanyol. Tanpa-tanpa kebangkitan Joan Mir kemudian terjadi pada MotoGP Spielberg ketika meraih podium kedua.

Setelah itu, Joan Mir langganan naik podium. Dimulai saat meraih podium ketiga di MotoGP San Marino, MotoGP Emilia Romagna (podium kedua), MotoGP Catalonia (podium kedua), MotoGP Aragon (podium ketiga), MotoGP Teurel (podium ketiga), dan puncaknya adalah saat menjuarai MotoGP Eropa.

Video Populer

Foto Populer