Sukses


Sambut MotoGP 2021, Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Mandalika

Bola.com, Jakarta - Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi destinasi wisata kelas dunia. Hal ini sejalan dengan rencana pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 2021 nanti, sekaligus upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Pada tahun 2019-2021 Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp1,7 triliun untuk penataan KSPN/DPSP Mandalika berupa pembangunan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA), jalan dan jembatan, permukiman, dan perumahan. Rp541 miliar di antaranya dianggarkan pada tahun 2020.

Untuk dukungan MotoGP yang rencananya dihelat di Sirkuit Mandalika, Kementerian PUPR membangun jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika. Jalan ini akan selesai sebelum ajang MotoGP di Indonesia dimulai pada tahun 2021.

Selain itu Kementerian PUPR juga meningkatkan kualitas hunian masyarakat di KSPN Mandalika, membangun homestay, rumah singgah, lokasi usaha pendukung wisata, pengendali banjir, peningkatan kapasitas Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Pengengat, dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Gili Air.

Sirkuit Mandalika telah diumumkan masuk daftar balapan cadangan untuk kalender balap sementara MotoGP 2021. Terbaru trek ini juga termasuk ke dalam daftar kalender sementara Kejuaraan Dunia Superbike 2021.

Video

2 dari 2 halaman

Pujian dari MotoGP

Selasa (01/12/2020), CEO Dorna Carmelo Ezpeleta bicara banyak soal kemungkinan Sirkuit Mandalika, Lombok menggelar MotoGP Indonesia 2021.

"Kami mengakui upaya besar dari banyak pemangku kepentingan dalam proyek ini. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kementeriannya atas komitmen mereka dalam membawa event motorsport internasional (MotoGP) ke Indonesia pada tahun 2021," kata Ezpeleta.

"Sudah 23 tahun sejak kami menyelenggarakan balapan terakhir di Indonesia dan kami sangat bersemangat untuk kembali secepatnya," Ezpeleta melanjutkan.

Tidak ketinggalan, Ezpeleta juga memuji Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP Indonesia yang menurutnya bekerja profesional.

"Kami juga mengapresiasi upaya besar yang telah dilakukan tim MGPA, di bawah kepemimpinan Ricky Baheramsjah sejauh ini dan kami akan terus mendukung mereka dengan cara apa pun untuk tahun-tahun mendatang," Ezpeleta mengungkapkan.

Video Populer

Foto Populer