Sukses


Hebat! Aspal Sirkuit Mandalika Hanya Digunakan di Trek Phillip Island, Silverstone, dan Yas Marina

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok terus membuat langkah maju dalam proses pembangunan agar siap menggelar MotoGP Indonesia 2022.

Terbaru, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan proses pengaspalan trek Sirkuit Mandalika sudah 100 persen rampung. Bukan cuma selesai, aspal Sirkuit Mandalika memiliki kualitas terbaik di dunia.

Jenis aspal yang digunakan bahkan baru dipakai tiga trek di dunia yaitu Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia).

"Karena produk ini tergolong masih baru dan baru keluar di tahun 2015. Jenis ini dinamakan SMA (Stone Mastic Asphalt) yang memiliki daya penetrasi tinggi atau Penetration Grade (PG) 82," Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA menuturkan saat diwawancara Bola.com.

"Jadi baru sirkuit–sirkuit di atas (Silverstone, Yas Marina, dan Phillip Island) yang menggunakan. Keunggulan dari aspal ini adalah pembalap tidak mudah sliding dan terjatuh saat wet race berlangsung," lanjutnya.

SMA adalah campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Tujuannya memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kerja stone by stone. Sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

Selain teknologi material aspal SMA saat eksekusi penghamparannya pun mengunakan teknologi alat 3-4 finisher yang terhubung dengan satelit, secara terus menerus beroperasi dan tidak boleh putus. Sehingga didapatkan hasil maksimal pada permukaan dan kemiringan tiap- tiap sudut sirkuit.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Circuit Super Safe

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Plt. Waketum International Road Racing Event IMI (Ikatan Motor Indonesia) itu menceritakan beberapa waktu lalu Sirkuit Mandalika menjalani proses Virtual Inspection Track yang di antaranya diikuti Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

"Jadi kesimpulannya sirkuit ini adalah sirkuit yang memiliki teknologi terdepan dibanding dengan sirkuit- sirkuit Grade A International lainnya," ujar Happy.

"Dalam Virtual Inspection Track beberapa hari lalu dengan DORNA Sport, mereka menyebutkan bahwa Sirkuit Mandalika sebagai Circuit Super Safe (sirkuit dengan level keselamatan tinggi) yang mana ini akan menjadi standarisasi acuan sirkuit lain di dunia," tambahnya.

Video Populer

Foto Populer