Sukses


Arahan Jokowi, Balapan Superbike di Sirkuit Mandalika Boleh Dihadiri Penonton

Bola.com, Jakarta - Pihak Kejuaraan Dunia Superbike atau World Superbike sudah memastikan mereka akan menggelar seri terakhir tahun 2021 di Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok, 20-21 November.

Sebelumnya Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sudah mengutarakan harapan bahwa balapan nanti bisa disaksikan langsung oleh penonton.

Namun sebelumnya mereka menunggu arahan dari pemerintah. Kini kabar baik datang langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengenai balapan Superbike di Sirkuit Mandalika

Menurut Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Pulau Jawa dan Bali, Airlangga Hartarto, Jokowi-sapaan akrab Presiden telah memberikan arahan agar balapan Superbike di Sirkuit Mandalika bisa disaksikan langsung oleh penonton.

"Kami nanti ada perhelatan Superbike di Sirkuit Mandalika. Sekarang kami masih dalam proses mengecek di lapangan," imbuh Airlangga.

"Arahan dari Pak Presiden Jokowi akan ada penonton 20-25 persen. Syarat lainnya, masyarakat di sekitar venue harus mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Penonton Wajib Vaksin 2 Kali

Menurut Airlangga, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, penonton yang boleh menyaksikan langsung balapan Superbike di Sirkuit Mandalika harus sudah menjalani vaksin sebanyak dua kali.

"Sementara untuk dosis kedua (masyarakat sekitar venue), perlu ditingkatkan. Penonton juga harus wajib dua kali vaksin," kata Airlangga.

"Tinggal kami menjaga keamanan di ring venue. Sebab ini menjadi tantangan terkait keamanan dan kesehatan," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Tanggal 20-21 November 2021

Hari Sabtu (25/09/2021), situs resmi World Superbike mengumumkan balapan yang menampilkan motor produksi massal ini akan menggelar seri terakhir di Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika memang sudah masuk kalender World Superbike (WorldSBK) musim 2021. Namun sebelumnya balapan ini dijadwalkan pada 12-14 November.

Kini dalam keterangan resmi yang dirilis situs resmi World Superbike, balapan di Sirkuit Mandalika diundur penyelenggarannya ke tanggal 19-21 November.

Pengunduran jadwal ini disebutkan lantaran alasan logistik dan pertimbangan organisasional. Selain World Superbike, balapan di Sirkuit Mandalika nanti juga akan menghelat event Asia Talent Cup.

"Untuk kali pertama sejak 1997, ajang WorldSBK akan kembali ke Indonesia untuk menggelar seri terakhir yang berlangsung bulan November di Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika di Lombok," tulis keterangan di situs worldsbk.com.

Video Populer

Foto Populer