Sukses


Terkuak Pengeluaran Petronas untuk Tim MotoGP Hanya 5 Persen Dibandingkan di F1, Lantas Kenapa Keluar?

Bola.com, Jakarta - Keputusan Petronas mundur jadi sponsor utama di tim MotoGP mulai musim 2022 cukup mengejutkan. Karena rekam jejak tim Petronas Yamaha SRT cukup menjanjikan pada tiga musim terakhir.

Sebagai ganti karena Petronas mundur, tim mengubah nama menjadi RNF dan disokong sponsor anyar: WithU plus menurunkan duet pembalap Andrea Dovizioso-Darryn Binder.

Kini pentolan di tim, Razlan Razali buka-bukaan soal perpisahan dengan Petronas. Pertama ia menginformasikan pengeluaran Petronas untuk tim MotoGP hanya lima persen ketimbang di Formula 1 bersama Mercedes.

"Kami menerima kurang dari 5 persen dari apa yang mereka bayarkan di Formula 1," kata Razali.

"Padahal kami memulai dengan sangat baik dengan tim MotoGP kami. Ketika Petronas bergabung dengan Mercedes pada 2010 (F1), butuh beberapa tahun untuk melihat kesuksesan," lanjutnya.

Untuk diketahui, Fabio Quartararo pembalap yang diorbitkan Petronas Yamaha SRT pada musim 2019 bahkan sudah merasakan titel juara dunia MotoGP 2021 bersama tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP.

2 dari 3 halaman

Penyebab Petronas Keluar

Razlan Razali kemudian bercerita soal keputusan Petronas mundur. Semua berawal ketika ia meminta uang sponsor yang lebih besar untuk MotoGP 2022.

"Mereka (Petronas) ingin memberi kami lebih sedikit uang. Saya menjawab: 'Kami tidak bisa melakukannya dengan sedikit uang'. Sebelumnya saya meminta sedikit kenaikan anggaran pada bulan Juni," ujar Razali.

Usai momen ini, Razali pun mendapat keputusan mengejutkan dari manajemen Petronas bahwa mereka pilih mundur untuk MotoGP 2022.

"Padahal saya sempat memprediksi ada dua opsi dari mereka. Pertama mereka berkata: 'Tidak ada tawaran kami, ini yang bisa kami berikan'. Kedua, mereka buka negosiasi lagi," Razali menuturkan.

"Sebaliknya, mereka memilih untuk mundur. Mereka tidak memberi kami kesempatan untuk berdiskusi lagi," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Performa Moncer Petronas Yamaha SRT

Petronas Yamaha SRT sendiri untuk kali pertama mentas di ajang MotoGP pada musim 2019. Kala itu duet Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo sukses mencatat banyak prestasi hebat di musim debut tim dan berlanjut ke 2020.

Fabio Quartararo bahkan sempat jadi rival utama Joan Mir yang akhirnya menjadi juara dunia. Pada MotoGP 2021, Quartararo naik ke tim pabrikan dan sebagai gantinya Petronas Yamaha SRT diperkuat Valentino Rossi.

Sumber: Corsedimoto

Video Populer

Foto Populer