Sukses


Usai Pastikan Titel Juara Dunia Pembalap, Fabio Quartararo Bidik Triple Crown untuk Yamaha di MotoGP 2021

Bola.com, Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo menatap balapan seri MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao, akhir pekan ini, dengan kepastian mengunci titel juara dunia pembalap.

Meskipun begitu, Fabio Quartararo menegaskan ogah santai untuk balapan MotoGP Algarve. Pasalnya ia punya misi lebih tinggi lagi.

Adalah mempersembahkan titel Triple Crown untuk Yamaha. Triple Crown merupakan sebutan untuk tim yang mengawinkan tiga gelar sekaligus: juara dunia pembalap, tim, dan konstruktor.

Untuk persaingan di klasemen tim, Monster Energy Yamaha MotoGP mempunyai keunggulan 13 poin dari rival terdekat, Ducati. Sementara klasemen konstruktor, Yamaha tertinggal 12 poin dari Ducati.

Karena alasan di atas, Fabio Quartararo menyebut dirinya bakal tetap ngotot di MotoGP Algarve meskipun mengakui fakta sudah mengunci titel juara dunia pembalap membuatnya bisa lebih santai.

"Sekarang saya tidak lagi harus memikirkan klasemen dan poin, saya bisa kembali ke mentalitas yang kami miliki ketika kami tiba di sini pada awal tahun," kata Fabio Quartararo.

"Target kami adalah menjadi yang pertama, karena kami masih memiliki gelar Tim dan Konstruktor untuk diperjuangkan," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Pujian dari Bos Yamaha

Fabio Quartararo menempuh jalan berliku sebelum memastikan titel juara dunia MotoGP 2021 pada balapan di Sirkuit Misano, 24 Oktober lalu.

Bos Yamaha, Lin Jarvis menyoroti titik terendah yang dirasakan Fabio Quartararo pada balapan seri keempat MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 2 Mei silam.

Kala itu, karena masalah pompa lengan, Fabio Quartararo terpuruk di posisi 13. Menurut Jarvis, jika seorang pembalap tidak punya mental kuat, Quartararo pasti terpukul meraih hasil buruk di Jerez.

Namun pembalap asal Prancis itu justru menunjukkan mentalitas fantastis. Seri berikutnya yang berstatus balapan kandang, MotoGP Prancis di Le Mans, Fabio Quartararo langsung bangkit dan finis podium ketiga.

Aspek mentalitas inilah yang disebut Lin Jarvis sebagai kunci Fabio Quartararo meraih titel juara dunia MotoGP 2021.

"Itu (MotoGP Spanyol) adalah waktu yang sulit bagi Fabio. Insiden itu bisa memukulnya secara mental, tetapi itu tidak mengganggunya sedikit pun. Kekuatan mental Fabio benar-benar membuat kami terkesan," puji Jarvis.

3 dari 3 halaman

Mirip Valentino Rossi

Sebelumnya Lin Jarvis mengatakan kombinasi kemampuan yang dimiliki Fabio Quartararo mirip seperti Valentino Rossi.

Lin Jarvis tentu sangat mengenal sosok Valentino Rossi. Karena The Doctor memberikan empat titel juara dunia MotoGP untuk Yamaha.

"Fabio memiliki keinginan tak kenal lelah untuk menang," kata Jarvis. "Pada saat yang sama, dia selalu bersenang-senang di atas motor. Ini merupakan kombinasi yang belum pernah dilihat tim dalam performa terbaiknya sejak Valentino Rossi," lanjutnya.

Video Populer

Foto Populer