Sukses


Ducati Bantah Paolo Ciabatti Murka Gara-gara Insiden Unboxing Motor di Mandalika

Bola.com, Jakarta - Ducati Corse buka suara terkait insiden unboxing ilegal motor yang terjadi di Sirkuit Mandalika, jelang WorldSBK Indonesia pada 19-21 November 2021. Ducati menegaskan Sporting Director, Paolo Ciabatti, tak pernah mengeluarkan pernyataan apapun terkait hal tersebut.

Nama Indonesia tercoreng jelang menggelar balapan WorldSBK Mandalika 2021. Dalam sebuah video yang beredar dan viral di dunia maya, peti kargo milik Aruba.it Racing Ducati yang berisi motor Panigale V4R milik Michael Ruben Rinaldi dibuka oleh staf lokal.

Staf tersebut dan seorang YouTuber melakukan swafoto di motor Ducati Panigale V4R. Aksi unboxing ilegal itu pun membuat warganet kesal. Sang staf dan YouTuber itu menjadi sasaran cacian dan makian netizen di Tanah Air.

Insiden memalukan di Sirkuit Mandalika itu dipublikasikan oleh media Jerman, Speedweek, pada Rabu (10/11/2021) malam. Speedweek menulis seorang pegawai di Sirkuit Mandalika membuka kotak kargo Ducati dalam sebuah video dan beberapa foto.

Padahal, peti kargo tim peserta termasuk Ducati hanya boleh dibuka oleh Bea Cukai dan anggota tim, demi menghindari kecurangan dalam regulasi teknis WorldSBK.

 

2 dari 4 halaman

Sporting Director Ducati Corse Murka

Aksi unboxing tersebut dikabarkan Speedweek membuat Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, murka. Direktur Eksekutif WorldSBK, Gregorio Lavilla, lantas meminta maaf atas kelalaian tersebut.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) juga menegaskan, pembukaan peti kargo sudah sesuai prosedur Bea Cukai dan menyebut bahwa pelaku rekaman video bukanlah pegawai mereka.

"Sangat disayangkan, pada saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar, dan memviralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," ungkap Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, Happy K Harianto lewat Antara.

 

3 dari 4 halaman

Bantahan dari Ducati

Namun kini, bantahan datang dari Ducati Corse pada Kamis (11/11/2021) malam. Di sela-sela MotoGP Valencia, Ducati menegaskan tak pernah mengeluarkan pernyataan resmi apa pun soal insiden unboxing di Sirkuit Mandalika.

Mereka pun memastikan jika Paolo Ciabatti tak pernah mengutarakan kekesalannya akibat insiden tersebut. Tanggapan itu diunggah di Twitter, baik lewat akun resmi Ducati Corse maupun lewat akun pribadi milik Ciabatti.

"Berkebalikan dengan apa yang dilaporkan beberapa media, Paolo Ciabatti dan Ducati Corse tak pernah memberikan pernyataan apa pun mengenai peristiwa yang terjadi di Mandalika International Street Circuit," tulis Ducati.

"Kami menanti untuk bertemu semua penggemar kami di Indonesia, dan mengunjungi Indonesia untuk Seri WorldSBK dan Grand Prix MotoGP tahun depan!" lanjut pernyataan tersebut.

Ciabatti pun menambahkan, "Kami cinta Indonesia dan tak sabar untuk balapan di Mandalika International Street Circuit," tulisnya.

Sumber: Twitter

4 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Ducati Corse

Video Populer

Foto Populer