Sukses


4 Fakta Menarik Sirkuit Mandalika, Trek yang Baru Saja Diresmikan oleh Jokowi: Siap Gelar World Superbike dan MotoGP

Bola.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah meresmikan Sirkuit Mandalika, Lombok hari Kamis (12/11/2021). Selanjutnya, sudah dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah dua ajang balap motor bergengsi di dunia.

Pertama World Superbike (WSBK) menjadi event terdekat yang bakal digelar pada 19-21 November 2021. Lalu MotoGP akan mampir ke Sirkuit Mandalika di bulan Maret 2022.

Sebelumnya Idemitsu Asia Talent Cup sudah menjadi ajang perdana yang menghelat balapan di Sirkuit Mandalika pada 13-14 November. 

Tidak bisa dimungkiri, Sirkuit Mandalika bakal jadi era baru buat motorsport Indonesia. Karena sudah cukup lama, Indonesia tidak menggelar event balap level internasional.  

 

Sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu ternyata menyimpan sederet fakta unik. Dilansir dari postingan Instagram @kemenparekraf.ri pada Jumat (5/11/2021), berikut sederet fakta-fakta unik tersebut. Simak selengkapnya!

2 dari 5 halaman

1. Puasa 24 Tahun

Siapa sangka Indonesia sudah berpuasa tak menggelar ajang motor bergengsi selama 24 tahun. Di tahun ini puasa tersebut akan berakhir dengan gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika.

Diketahui bahwa Indonesia terakhir kali menjadi tuang rumah ajang balap motor internasional pada tahun 1997.

3 dari 5 halaman

2. Pit Building

Fakta lainnya, ternyata pit building Sirkuit Mandalika 100 % terbuat dari produk-produk asli Indonesia. Pembangunan pit building sepenuhnya memakai produk modular dalam negeri yang dikerjakan dalam waktu 1,5 bulan.

Menariknya lagi, pit building ini dirancang non-permanent seperti sirkuit kelas dunia lainnya. Lantai dasar untuk garasi, lantai dua tribun penonton dan VVIP, sedangkan lantai tiga untuk fasilitas pendukung.

4 dari 5 halaman

3. Konsep Berbeda

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya yang memiliki konsep berbeda.

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting Mandalika Grand Prix Association, memaparkan bahwa inner dan outer road di Sirkuit Mandalika bisa diakses oleh publik untuk beraktivitas ketika sedang tidak digunakan. Akan tetapi bukan di trek utamanya.

5 dari 5 halaman

Surga Dunia Lombok

Sirkuit Mandalika terletak di kawasan wisata dan surga dunia Lombok. Artinya, selain menonton adu balap Otolovers juga bisa liburan dengan menikmati keindahan alam.

Ada beberapa destinasi wisata unggulan yang patut dikunjungi, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika.

Sumber asli: Otosia

Disadur dari: Otosia (Ahmad Muzaki, Published 13/11/2021)

Video Populer

Foto Populer