Sukses


Mulai Pulih dari Diplopia, Marc Marquez Bersiap Unjuk Gigi di MotoGP Austin

Bola.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, perlahan mulai pulih dari diplopia atau penglihatan ganda di mata kanannya. Dengan kondisi yang semakin membaik, Marquez dipastikan tampil di MotoGP Austin.

Pembalap asal Spanyol itu mengalami empat kecelakaan parah pada pekan balap MotoGP Mandalika. Kecelakaan keempat terjadi di Tikungan 7 dalam sesi pemanasan.

Marc Marquez terlempar dari motor dan terjatuh keras di aspal. Setelah dibawa ke Medical Center, Marquez dilarikan ke Rumah Sakit Mataram dengan helikopter.

Marquez didiagnosa mengalami gegar otak dan disarankan tak ikut balapan. Marc Marquez lalu pulang ke Spanyol, dan dalam perjalanannya pulang mengalami rasa tak nyaman pada penglihatannya.

Setiba di Barcelona, 21 Maret, Marquez menjalani pemeriksaan darurat di Hospital Clinic de Barcelona bersama dr. Sanchez Dalmau.

Dr. Dalmau lalu menemukan episode baru diplopia pada mata kanan Marc Marquez. Cedera ini pertama kali diderita Marquez pada akhir 2011, pasca-kecelakaan hebat di Malaysia, yang membuatnya kehilangan gelar Moto2.

Cedera tersebut kemudian kambuh pada Oktober 2021 setelah Marc Marquez terjatuh di Spanyol saat latihan enduro. Cedera itu sembuh pada pertengahan Januari, namun kecelakaan di Mandalika membuatnya kembali kambuh.

 

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Positif Penyembuhan Diplopia Marquez

Pemeriksaan medis kedua dengan dr. Dalmau dilakukan pada 28 Maret dan menunjukkan tanda-tanda positif dari kondisi mata kanan Marquez. Namun, dia disarankan tetap absen pada MotoGP Argentina, 1-3 April lalu.

Pada Selasa (5/4/2022), pembalap berusia 29 tahun itu menjalani tes dengan motor CBR600RR di Spanyol untuk melihat kondisi mata kanannya. Marquez memamerkan fotonya lewat Instagram Story.

Setelah menjalani tes motor, ia kembali menjalani pemeriksaan medis dengan dr. Dalmau, dan akhirnya mendapatkan izin untuk tampil pada MotoGP Austin di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, 8-10 Maret.

 

3 dari 3 halaman

Penyataan Marc Marquez

Tentu saya sangat senang bisa kembali. Rasanya menyenangkan bisa kembali, apalagi melakukannya di salah satu trek favorit saya. Tak peduli situasinya, saya sangat senang berkendara di Texas dan punya kenangan-kenangan menakjubkan di sana.

Kami punya beberapa pekerjaan yang harus dilakukan usai absen dua balapan, dan akhir pekan di Argentina sepenuhnya. Jadi, saya tak hadir untuk mematok satu target saat ini. Ada banyak hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan, namun yang penting adalah kami kembali naik motor akhir pekan ini.

Marquez dikenal sebagai 'raja' COTA, yang menggelar MotoGP sejak 2013, bertepatan dengan debutnya di kelas premier. Dia menyapu bersih semua pole, kecuali pada 2021, saat harus start ketiga.

Marc Marquez juga menyapu bersih kemenangan, kecuali pada 2019 ketika gagal finis. Sat itu, dia memimpin hampir sepanjang balapan sebelum jatuh di Tikungan 12.

Sumber: Honda Racing Corporation

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya/Published: 06/04/2022)

Video Populer

Foto Populer