Sukses


Sempat Hilang Ingatan Setelah MotoGP Mandalika, Marc Marquez: Pekan Balap Terburuk dalam Karier Saya

Bola.com, Austin - Marc Marquez buka-bukaan mengenai kondisinya di MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Pembalap Repsol Honda itu mengaku sempat kehilangan ingatan.

Marc Marquez mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Mandalika. Dalam jumpa pers MotoGP Amerika Serikat pada Kamis (7/4/2022), ia mengatakan baru ingat dengan insiden itu setelah menonton tayangan ulang.

Marc Marquez terlempar dari motornya di Tikungan 7 dan terjatuh keras di aspal. Seusai menjalani pemeriksaan medis, ia dinyatakan gegar otak dan disarankan absen balapan.

Dalam perjalanan pulang ke Spanyol, penglihatan mata kanannya menjadi tak nyaman. Setelah pemeriksaan medis di Barcelona, ia dinyatakan kembali mengalami diplopia.

Dr. Sanchez Dalmau menyarankan Marc Marquez absen juga di MotoGP Argentina pada 3 April 2022, meski kondisi matanya terus membaik.

2 dari 3 halaman

Diizinkan Membalap di MotoGP Amerika Serikat

Marc Marquez lalu menjalani tes dengan CBR600RR di Alcarras pada Selasa (5/4/2022) dan diizinkan berlaga di MotoGP Amerika Serikat. Dia mengaku MotoGP Mandalika merupakan pekan balap terberat dalam kariernya.

"Jujur, saya tak ingat soal insiden itu. Saya hanya ingat seusai melihat video. Saat itulah saya baru ingat apa yang saya rasakan," ujar Marc Marquez.

"Namun, memang benar Mandalika merupakan balapan terburuk dalam karier saya, karena saya terlalu sering kecelakaan, dan saya tak tahu penyebabnya, terutama kecelakaan di sesi pemanasan."

"Waktu itu, saya pakai ban baru dan mengalami highside. Tapi ini sudah jadi masa lalu, kini saatnya kembali membangun kepercayaan diri."

"Pasalnya, pekan balap di Mandalika sangatlah berat, sepekan setelahnya juga jauh lebih berat lagi. Namun, saya beruntung bisa ada di sini. Jadi, ini positif," imbuh rider berusia 29 tahun ini.

3 dari 3 halaman

Cerita Marc Marquez

Marc Marquez menepis rumor akan absen lagi, termasuk pada akhir pekan ini setekag menjalani tes medis dengan tim dokter MotoGP, termasuk sang direktur medis, dr. Angel Charte di Circuit of The Americas.

Pasalnya, untuk memeriksa kondisi matanya cukup mudah, yakni tinggal mengecek apakah ia bisa melihat dengan baik atau tidak.

"Saya harus menjalani pemeriksaan medis dengan dokter pada pukul 13.30 waktu setempat. Namun, sudah jelas jika saya ada di sini," terang Marc Marquez.

"Berarti... Masalah penglihatan ini hanya soal saya bisa lihat atau tidak, bukan soal mengecek saya rabun atau tidak. Saya juga sudah cek dengan motor di Alcarras dan Lleida, dan tak ada masalah," jelasnya.

Di lain sisi, Marc Marquez juga tak mau muluk meraih kemenangannya yang kedelapan di Austin. "Tentu kemenangan memungkinkan untuk diraih, namun ini bukan pendekatan yang tepat untuk akhir pekan ini. Pasalnya, kami datang dari GP Indonesia, di mana kami sangat kesulitan," ungkapnya.

"Di sana, saya kerap mengalami kecelakaan serta highside yang sangat parah. Saya juga baru latihan dengan cara normal beberapa hari lalu. Jadi, membidik kemenangan bukan cara yang tepat akhir pekan ini, melainkan hanya membangun kepercayaan diri lagi," papar Marc Marquez, yang hanya sekali gagal menang di Austin, yakni pada 2019.

Sumber: MotoGP

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya Jumat 8/4/2022)

Video Populer

Foto Populer