Sukses


Tren Penurunan Penonton di Ajang MotoGP, Kubu Valentino Rossi Minta Maaf

Bola.com, Jakarta - Angka-angka membeberkan fakta, penonton beberapa balapan MotoGP 2022 turun drastis. Salah satu contohnya MotoGP Italia di Sirkuit Mugello.

Pada edisi 2019 atau kali terakhir penonton boleh menyaksikan langsung balapan di trek sebelum COVID-19, total penonton sepanjang akhir pekan (Jumat-Minggu) adalah 139 ribu.

Setelah 2020-2021 penonton dilarang melihat balapan di trek, MotoGP Italia 2022 kembali boleh dihadiri penonton.

Seharusnya antusiasme membesar, tapi angka justru menurun drastis. Rangkaian MotoGP Italia 2022 dari Jumat sampai Minggu hanya disaksikan 74 ribu penonton.

Cukup mudah ditebak alasan MotoGP Italia 2022 sepi penonton. Adalah fakta ikon sekaligus local hero, Valentino Rossi sudah pensiun.

2 dari 5 halaman

Selalu Ramai

Saat Valentino Rossi masih mengaspal di trek, gelaran MotoGP Italia memang selalu disesaki fans berwarna kuning yang menjadi ciri khas The Doctor-julukan juara dunia sembilan kali itu.

Valentino Rossi sendiri selalu menganggap balapan di Mugello begitu spesial. Bahkan menurutnya Mugello lebih spesial ketimbang MotoGP San Marino di Misano yang notabene lebih dekat dengan rumahnya di Tavuilla.

"Mugello sudah seperti balapan Monaco di ajang Formula 1, sangat spesial," kata Rossi.

3 dari 5 halaman

Minta Maaf

Fakta penonton balapan MotoGP Italia 2022 menurun drastis akibat Valentino Rossi pensiun, membuat manajemen The Doctor meminta maaf.

Melalui sang sahabat Alessio Salucci, ia mengatakan sebenarnya Dorna sebagai penyelenggara lebih besar ketimbang nama Valentino Rossi sendiri.

"Tentu saja, Dorna lebih besar daripad akami. Meski begitu saya minta maaf karena menurunnya peminat. Maka secara tidak langsung kami terkena dampaknya," kata Salucci yang turut mengurus tim balap milik Rossi, VR46.

4 dari 5 halaman

Dorna Sedang Cari Solusi

Lebih lanjut Salucci mengatakan Dorna sedang cari solusi terkait menurunnya jumlah penonton MotoGP 2022 karena ketidakberadaan Valentino Rossi.

"Yang bisa saya katakan adalah saya tahu bahwa Dorna sedang bekerja keras untuk hal ini. Para pemimpin tim telah mengadakan bayak pertemuan dengan Dorna," ungkap Salucci.

"Dorna juga ingin membuat tim independen lebih terlibat, membuat pembalap lebih banyak penggemar," tambahnya.

Mau tahu jumlah penurunan penonton pada beberapa balapan MotoGP 2022? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

5 dari 5 halaman

Angka Penurunan Jumlah Penonton

MotoGP Spanyol di Jerez

  • 2019: 151 ribu
  • 2022: 123 ribu

MotoGP Italia di Mugello

  • 2019: 139 ribu
  • 2022: 74 ribu

MotoGP Katalunya di Katalunya

  • 2019: 158 ribu
  • 2022: 115 ribu

Ket: Jumlah penonton yang hadir sejak Jumat sampai Minggu pada sebuah balapan. 

Video Populer

Foto Populer