Sukses


Ikuti Latihan Bebas MotoGP Jepang, Marc Marquez Rasakan Sakit Lebih Menyiksa

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez memulai latihan bebas 1 (FP1) MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi hari Jumat (23/09/2022) dengan menempati posisi enam.

Marc Marquez berselisih 0,147 detik dari pembalap tercepat Jack Miller. Sebuah indikasi, pembalap Repsol Honda itu tidak terlalu jauh dari pembalap garis depan.

Namun siapa sangka, menjalani sesi FP1 MotoGP Jepang yang durasinya diperpanjang menjadi 75 menit, Marc Marquez merasakan sakit yang teramat sangat.

Marc Marquez menyebut rasa sakit yang dirasakannya lebih parah ketimbang penampilannya di Misano, San Marino dan Aragon, Spanyol.

2 dari 5 halaman

Merasakan Sakit

"Saya merasakan sakit dan kekurangan tenaga," kata Marc Marquez, yang terlihat menyentuh bahu kanannya selama sesi.

"Seperti yang saya rasakan di Misano dan Aragon, tapi di sini ada area pengereman yang sangat panjang. Jadi saya berjuang menahan sakit lebih ekstra," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Sesuai Prediksi

Lebih lanjut Marc Marquez mengatakan sudah memprediksi sejak sebelum datang ke Motegi bahwa fisiknya bakal terkuras pada MotoGP Jepang.

Usai FP1 MotoGP Jepang, juara dunia MotoGP enam kali ini menyadari untuk tampil konsisten di Motegi dirinya bakal sangat kesulitan.

"Hari ini saya mengerti untuk melakukan strategi full attack pada jarak balapan dan konsisten akan sangat sulit," ujar Marc Marquez.

"Mungkin untuk jarak balapan, saya perlu sedikit menurunkan kecepatan untuk finis balapan dengan cara yang baik," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Jalannya FP1

Duo pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller dan Pecco Bagnaia, tampil impresif pada latihan bebas (FP1) MotoGP Jepang. Namun, Miller mampu mengungguli Bagnaia.

Dalam latihan bebas yang digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (23/9/2022) siang WIB, Jack Miller mampu mencatatkan waktu 1 menit 44,509 detik. Dia unggul 0,028 detik atas Pecco Bagnaia yang berada di urutan kedua.

Sementara itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, harus puas menghuni posisi ketiga. Quartararo tertinggal 0,049 detik dari Jack Miller.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dan pembalap Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini.

5 dari 5 halaman

Durasi Diperpanjang

Akibat kendala logistik, sesi latihan pada Jumat pagi dibatalkan. Alhasil, Dorna Sports selaku promotor kejuaraan memberikan perpanjangan durasi sesi latihan siang kelas MotoGP Jepang, dari 45 menit menjadi 75 menit.

Sesi ini berjalan dalam kondisi kering meski sempat diguyur gerimis sejenak. Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, harus kembali absen akibat cedera engkelnya belum pulih.

Dia pun digantikan test rider Suzuki, Takuya Tsuda. Tsuda tadinya dijadwalkan turun lintasan sebagai pembalap wildcard, tetapi diubah menjadi pembalap pengganti karena Mir harus istirahat.

Selain Takaaki Nakagami dan Takuya Tsuda, ada satu rider tuan rumah yang turun di kelas MotoGP. Eks rider Moto2 sekaligus test rider Honda, Tetsuta Nagashima, menjadi pembalap wildcard Team HRC sebagai hadiah kemenangannya di Suzuka 8 Hours 2022.

Video Populer

Foto Populer