Sukses


Manajer Tim RNF Buka-bukaan Lebih Asyik Kolaborasi dengan Aprilia ketimbang Yamaha: Faktor Bahasa

Bola.com, Jakarta - Mulai MotoGP 2023, tim satelit RNF tidak lagi bekerja sama dengan Yamaha. Musim depan, RNF bakal berstatus tim satelit Aprilia.

CryptoDATA Aprilia RNF MotoGP Team akan diperkuat Miguel Oliveira dan Raul Fernandez, yang artinya komposisi pembalap benar-benar berubah.

Pada MotoGP 2022, tim RNF Yamaha diperkuat Andrea Dovizioso dan Darryn Binder. Tim RNF pun melakukan debut bersama Aprilia pada tes MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo hari Selasa (08/11/2022).

Menariknya meski baru satu hari bersama-sama di trek, manajer tim RNF, Wilco Zeelenberg sudah bisa menilai dalam aspek komunikasi, kolaborasi bersama Aprilia lebih asyik ketimbang Yamaha.

2 dari 4 halaman

Faktor Bahasa

Wilco Zeelenberg menyebut bekerja sama dengan pabrikan Italia seperti Aprilia lebih menguntungkan dari faktor bahasa ketimbang Yamaha yang berasal dari Jepang.

"Komunikasi sedikit lebih mudah. Orang Italia tidak semua berbicara bahasa Inggris dengan baik, tetapi orang Jepang berbicara bahasa Inggris dengan kurang baik," jelas Zeelenberg.

"Ini bukan hanya tentang komunikasi, pemahaman juga berperan. Karena Anda juga bisa salah paham dengan sangat cepat jika Anda menjawab salah lewat ya atau tidak," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Budaya Bekerja

Zeelenberg turut menyebut ada perbedaan budaya kerja antara pabrikan Aprilia dan Yamaha.

"Bekerja dengan orang Italia jelas, ini langsung tentang balap dan mereka meminta arah yang jelas," ujar Zeelenberg.

"Mereka tahu bahwa cara kerja kita harus ahli. Bagi mereka, ini semua tentang kinerja secara langsung dan tanpa jalan memutar," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Kompetitif

Debut RNF Aprilia pada tes MotoGP Valencia terbilang baik. Miguel Oliveira bahkan menempati posisi empat.

Dia hanya berselisih 0,335 detik dari pembalap tercepat Luca Marini. Adik Valentino Rossi itu membukukan 1 menit 30,032 detik.

Video Populer

Foto Populer