Sukses


Toprak Razgatlioglu Kembali Tegaskan Ingin Hijrah ke MotoGP Musim 2024 tapi Tidak Mesti Gabung Yamaha

Bola.com, Jakarta - Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, kembali menegaskan keinginannya untuk pindah ke MotoGP pada 2024 nanti.

Namun, juara WorldSBK 2021 ini merasa tak punya kewajiban untuk tetap membela Yamaha jika misinya benar-benar berhasil. Ia mengaku akan mempertimbangkan tim lain.

Toprak Razgatlioglu sudah dirayu-rayu oleh Yamaha untuk pindah ke MotoGP sejak 2020 lalu. Namun, situasinya selalu pelik setiap tahun, karena ia terikat kontrak untuk berlaga di WorldSBK sampai akhir 2023. Apalagi kini Yamaha tak lagi punya tim satelit di MotoGP karena ditinggalkan RNF Racing ke Aprilia.

Razgatlioglu menyatakan, saat ini ia punya kans membela Monster Energy Yamaha pada 2024, apalagi jika Franco Morbidelli tak segera menunjukkan tanda-tanda bangkit dari keterpurukan.

Ia juga telah menjalani tes tertutup dengan motor YZR-M1 di Aragon, Spanyol, tahun lalu, didampingi Cal Crutchlow.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Akui Ducati Paling Jempolan di MotoGP dan WorldSBK

"Belum ada yang bisa diumumkan, tetapi kini saya punya impian mengendarai motor MotoGP. Pada 2021, saya sudah menjadi juara WorldSBK, kini saya pun menatap MotoGP. Mengapa saya tak boleh mencobanya?" ungkap Razgatlioglu dalam wawancaranya dengan Speedweek pada Selasa (04/04/2023).

Razgatlioglu pun sangat menyadari bahwa Ducati merupakan motor paling menggiurkan bagi semua pembalap karena sangat kompetitif. Namun, ia percaya Yamaha bisa bangkit dari keterpurukan, apalagi jika melihat Fabio Quartararo berhasil jadi juara pada 2021 dan runner up pada 2022.

"Saya berharap bisa tampil di MotoGP tahun depan. Di MotoGP, semua [performa] motornya berdekatan, tapi semua orang bisa lihat Ducati sangat kuat, seperti di WorldSBK. Namun, Yamaha juga jadi juara pada 2021. Mengapa mereka tak bisa mencari kemajuan dan menyediakan motor kuat untuk tahun depan?" ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kagumi Kiprah dan Kemajuan Aprilia

Meski begitu, Razgatlioglu juga bertekad mencari kans di pabrikan lain. Apalagi jika Yamaha menunjukkan tanda-tanda ingin mempertahankan Morbidelli yang sukses finis keempat di sprint race dan main race MotoGP Argentina. Rider asal Turki berusia 27 tahun ini mengaku cukup terkesan melihat kiprah Aprilia.

"Aprilia sangat baik, mereka mengalami kemajuan besar. Kontrak saya dengan Yamaha habis akhir ini. Mungkin saya akan tanda tangan kontrak lagi dengan mereka, mungkin juga akan pindah ke pabrikan lain. Masih terlalu dini untuk mengatakan apa pun. Keputusan mungkin takkan diambil sampai pertengahan tahun," tutupnya.

Sama seperti Razgatlioglu, kontrak Morbidelli dengan Yamaha juga akan habis akhir musim nanti. Pembalap lain yang disebut-sebut menjadi kandidat pengganti pembalap Italia tersebut adalah Jorge Martin yang kini masih membela Prima Pramac Racing, dan Alonso Lopez yang masih membela Speed Up Racing di Moto2.

Sumber: Speedweek

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 06/04/2023)

Video Populer

Foto Populer