Sukses


10 Keunikan MotoGP Mandalika yang Viral Bikin Heboh: Cuma di Indonesia, Kelakuan Pembalap Jadi Random Banget

Bola.com, Jakarta MotoGP Indonesia 2023 berjalan lancar dan Pecco Bagnaia keluar sebagai pemenangnya pada balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (15/10/2023).

Kelancaran balapan MotoGP Indonesia 2023 mendapat pujian dari Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP. Melalui CEO, Carlos Ezpeleta, infrastruktur sirkuit sudah jauh lebih baik dari gelaran tahun pertama atau 2022.

Seperti yang diketahui, ini adalah kedua kalinya Sirkuit Mandalika menjamu para pembalap dan tim-tim MotoGP. Yang pertama digelar pada Maret 2022, yang kala itu menjadi penanda kembalinya Indonesia ke kalender Grand Prix sejak 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor.

"Tahun pertama sebuah event selalu sangat menantang terutama saat pertama kali kita pergi ke sirkuit baru," ungkap Ezpeleta, yang juga putra dari CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Ini menjadi tahun kedua Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP. Dalam dua tahun ini, ada saja hal-hal unik yang terjadi. Yuk simak rangkuman Bola.com berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

Pawang Hujan

Aksi pawang hujan di MotoGP Mandalika 2022 makin menonjol. Rara Istiati Wulandari, sang pawang hujan, mencuri perhatian ketika hujan turun mengguyur Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). Tak lama, hujan pun berhenti dan balapan pun dimulai. 

Kehadiran Rara Istiati Wulandari di Sirkuit Mandalika sudah ramai diperbincangkan sejak sesi free practice pada Jumat (18/3/2022) dan kualifikasi MotoGP Mandalika 2022 pada Sabtu (19/3/2022).

Namun, aksi yang dipertontonkan jelang balapan MotoGP pada Minggu sore membuat pawang hujan di Sirkuit Mandalika ini mendunia.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo bahkan menirukan ritual Rara dalam menyetop hujan.

MotoGP bahkan menjadikan aksi pawang ini sebagai satu di antara simbol MotoGP Indonesia.

3 dari 11 halaman

Risman, Wujud Keramahan Orang Indonesia

Nama petugas hotel bernama Risman mendadak viral dan mendunia ketika namanya disebut-sebut oleh pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, setelah menjuarai MotoGP Mandalika 2022, Minggu (22/2/2022). Menurut Risman, momen itu bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. 

Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, berhasil menjadi yang tercepat dan menjuarai MotoGP Mandalika 2022. Saat diwawancara oleh televisi, Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangannya di Mandalika kepada keluarganya dan seorang petugas hotel bernama Risman yang membantunya dan memberinya dukungan penuh selama di Lombok.

"Saya ingin mendedikasikan podium ini untuk seseorang bernama Risman, staf di hotel tempat saya menginap. Dia telah memberi dukungan kepada saya selama akhir pekan ini. Benar-benar orang yang baik," ujar Miguel Oliveira.

"Saya berjanji kalau saya bisa mendapatkan podium saya akan mendedikasikannya untuk Risman," lanjutnya.

Tahun 2023, Risman bertemu lagi dengan Miguel. Keduanya berpelukan.

4 dari 11 halaman

Trofi Corak Batik, Cenderamata Keris

Trofi MotoGP Indonesia edisi perdana bercorak batik.

Piala itu diproduksi secara handmade oleh seniman-seniman dari Tuksedo Studio, Gianyar, Bali.

Bola.com bertemu dengan bos Tuksedo Studio, Gusti Handoko di Kuta Lombok, NTB, Jumat (18/3/2022). Ternyata, Tuksedo Studio bergerak di bidang otomotif, yakni pembuatan mobil balap klasik. 

"Tentunya ada corak batik di piala dan case-nya. Ini pengargaan buat para pembalap dan dari bahan, piala mudah dibawa, terlindungi dan pastinya mengingatkan mereka akan Indonesia," kata Gusti.

Tahun 2023, selain trofi, pembalap yang naik podium juga mendapat cendera mata keris.

5 dari 11 halaman

Oleh-oleh Bon Cabe

Pembalap Moto3, Ryusei Yamanaka ternyata membawa pulang oleh-oleh khas Indonesia setelah balapan edisi 2022 selesai. Bon cabe! Pembalap MT Racing Team mengunggah foto di Instastorynya setelah meninggalkan Lombok usai gelaran Moto3 Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022).

"Saya suka banget ini sejak lima tahun yang lalu diberi oleh teman saya," tulis Yamanaka.

"Coba tebak mana favorit saya?" tulisnya.

Dalam instastory itu, Yamanka memamerkan tiga jenis Bon Cabe level 10, 15, dan 30.

Pembalap berusia 20 tahun itu termasuk satu di antara rider-rider Moto3 yang heboh saat berada di Lombok. Seperti kebanyakan pembalap, ia juga mengeksplor keindahan pantai-pantai di Lombok Tengah, yang dekat dengan sirkuit.

Di Moto3 2022 Indonesia, Yamanaka finis di posisi ke-11.

6 dari 11 halaman

Cengpat Aleix Espargaro

Beragam momen unik dialami para pembalap MotoGP di Sirkuit Mandalika. Hal itu pun dirasakan rider Aprilia Racing, Aleix Espargaro, yang terpukau melihat aksi emak-emak di Lombok dalam membawa motor.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Aleix Espargaro memperlihatkan foto seorang ibu yang membawa anak sekolah. Namun, bukan satu atau dua tetapi empat anak yang dibawa ibu tersebut di atas motornya.

Aleix Espargaro merasa terpana melihat aksi ibu tersebut dalam membawa motor. Dia pun coba melakukan hal serupa dengan menggunakan motor Aprilia RS-GP.

Pembalap berusia 32 tahun tersebut dibonceng tiga bersama kru Aprilia di paddock tim. "The power of Emak-Emak MotoGP version! Jangan coba ini di rumah, hanya ada di Indonesia!" tulis Espargaro di akun Instagram-nya.

Unggahan Aleix Espargaro tersebut mendapat beragam respons dari netizen. Hingga berita ini dibuat, foto Aleix itu memperoleh like hingga 137 ribu lebih.

Setahun kemudian, Aleix berpose yang sama dengan membonceng sang istri yang dibawa ke Lombok. Hahaha.

7 dari 11 halaman

Tradisional

Nah, sekarang kita beranjak ke tahun 2023. Putri Ariani dan tarian daerah eksentrik menyihir puluhan ribu penonton.

Putri Ariani menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan kostum daerah yang menyita perhatian. Suara merdu penyanyi berusia 17 tahun itu kemudian membuat seisi Sirkuit Mandalika berdecak kagum.

Suasana khusyuk terlihat di tribune penonton, seraya ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Apalagi dengan tambahan penari menggunakan pakaian daerah dan melakukan tarian daerah.

"Lagu kebangsaan Indonesia yang dibawakan dengan luar biasa!" tulis akun Twitter ofisial MotoGP.

Pre event MotoGP 2023 juga diwarnai dengan tarian daerah dan seni perang ala suku Sasak. Pembalap-pembalap turut meramaikan acara itu.

8 dari 11 halaman

Jokes Lokal, Pinjam Dulu Seratus

Terdapat fakta unik dan menarik yang mengiringi ketiga pembalap ketika naik podium pada MotoGP Mandalika 2023.

Tiga pembalap yang naik podium, Pecco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo sama-sama sempat mengunggah video pendek berbicara dalam bahasa Indonesia soal istilah yang viral, yaitu ‘pinjam dulu seratus’.

Pecco berhasil finis terdepan setelah mengawali balapan dari posisi ke-13.

Dia mampu unggul hingga 0,306 detik atas Maverick Vinales yang meraih podium kedua, dan 0,433 detik atas Fabio Quartararo di tempat ketiga.

Berkat kemenangan di MotoGP Mandalika 2023, Francesco Bagnaia kembali naik ke puncak klasemen sementara pembalap MotoGP dengan torehan 346 poin. Dia unggul 18 poin atas Jorge Martin yang turun ke tempat kedua.

Lelucon 'Pinjam Dulu Seratus' merupakan candaan warganet yang tengah viral di Indonesia saat ini. Celetukan pinjam dulu seratus ini pun kini ramai diutarakan oleh beberapa pembalap jelang MotoGP Mandalika 2023.

9 dari 11 halaman

Tukang Kunci Beraksi

Pembalap Moto2, Alonso Lopez juga bak turis di Indonesia pada umumnya, motoran. Dia  kehilangan kunci motor sewaannya selama berlibur. Namun ia seketika tajkub dengan cara bekerja tukang duplikat kunci di Indonesia.

Melalui unggahan di story Instagram, Alonso Lopez menceritakan dirinya sangat terbantu dengan keberadaan tukang duplikat kunci itu.

Alonso Lopez tampak merekam cara bekerja tukang duplikat kunci itu. Dia pun terheran-heran, karena kunci duplikat sudah siap dalam waktu hanya sepuluh menit.

Yang membuat ia kaget adalah bayaran yang diminta tukang duplikat kunci tersebut yang menurutnya sangat murah.

"Hanya bayar 6 euro dan 10 menit selesai," tulis pembalap yang kini sedang menempati posisi lima klasemen Moto2 2023. Jika dirupiahkan, maka 6 euro itu sekitar Rp 99.500. 

10 dari 11 halaman

Bensin Eceran dan Karaoke Lagu Jawa

Salah satu yang aktif berbagi keseruan di Lombok adalah pembalap Gresini Moto2 Kalex, Filip Salac.

Pembalap asal Rep. Ceska itu sudah sekitar satu minggu berada di Indonesia. Filip Salac sempat berlibur di Bali sebelum pindah ke Lombok beberapa hari lalu.

Ketika berada di Lombok, Filip Salac sempat mengunggah beberapa momen menarik. Tampak Salac menggunakan motor skuter Vario untuk berkeliling. Ia sempat mengabadikan momen mengisi bensin eceran yang dilayani seorang anak kecil.

Filip Salac juga membagikan momennya bersama sang kekasih di kolam renang tempatnya menginap. Kemudian Salac tampak berkaraoke santai di dalam mobil dengan lagu berbahasa Jawa dengan rekan dan staf timnya.

11 dari 11 halaman

Tukang Galon

Momen menarik terjadi pada hari pertama rangkaian MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok hari Jumat (13/10/2023).

Ya, cuaca terpantau sangat panas di Mandalika. Alhasil terlihat banyak pembalap kelelahan usai mengikuti sesi latihan bebas.

Salah satunya pembalap pabrikan KTM, Jack Miller. Untuk menjaga dirinya tidak mengalami dehidrasi, pembalap asal Australia itu sampai angkat galon sendiri!

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram resmi MotoGP, tampak Jack Miller mengangkat galon itu sendiri dan membawanya ke paddock.

"Menanggung semua beban untuk menjaga agar paddock MotoGP tetap terhidrasi," tulis caption Instagram milik MotoGP.

Video Populer

Foto Populer