Sukses


Kolaborasi Apik Indonesia-Italia, Pertamina Enduro Ikut Berperan dalam Perekrutan Fabio Di Giannantonio di VR46 Racing Team

Bola.com, Jakarta - Pertamina Lubricants melalui produk Pertamina Enduro bakal membawa Indonesia mendunia, tepatnya di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor, MotoGP pada musim 2024.

Tidak tanggung-tanggung, Pertamina Lubricants bakal jadi sponsor utama tim milik legenda Valentino Rossi, VR46 Racing Team.

Alhasil mulai MotoGP 2024, nama tim yang bermarkas ini Italia akan berubah menjadi Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team.

Walau secara resmi kerja sama dimulai pada MotoGP 2024, namun kolaborasi apik antara sponsor asal Indonesia dan tim balap dari Italia ini sudah dimulai sejak akhir tahun 2023.

Pasalnya pihak Pertamina Lubricants ternyata turut berperan dalam menentukan Fabio Di Giannantonio sebagai pengganti Luca Marini di tim VR46 musim depan.

Intania Prionggo Manager PR & Support PT Pertamina Lubricants menceritakan performa apik Fabio Di Giannantonio pada beberapa balapan akhir MotoGP 2023 membuat tim VR46 merekrutnya.

"Dalam hal ini, Pertamina Lubricants juga berperan dalam pengambilan keputusan pemilihan rider pengganti Luca Marini yang hengkang ke Honda," kata Intania kepada Bola.com.

"Pertamina Lubricants dan VR46 sepakat untuk bisa bersaing di level tertinggi, Fabio Di Giannantonio dengan performa yang baik dan konsisten terutama di sisa terakhir musim MotoGP 2023 diharapkan mampu meningkatkan pencapaian Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team musim depan," tambahnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Fabio Di Giannantonio Layak Dapat Kesempatan Lagi di MotoGP

Yang menarik, Fabio Di Giannantonio hampir saja tidak punya tim untuk MotoGP 2024. Tempatnya di Gresini diambil juara dunia MotoGP enam kali dari Honda, Marc Marquez. 

Rider kelahiran Italia itu bak mendapat Durian runtuh karena Honda memilih pembalap VR46 Racing Team, Luca Marini sebagai pengganti Marc Marquez. 

Nah bak efek domino, VR46 Racing Team akhirnya melirik Fabio Di Giannantonio. Berbicara performa akhir musim, ia memang layak dapat kesempatan lebih lama mentas di ajang MotoGP. 

Fabio Di Giannantonio memulai tren positif ketika naik podium ketiga pada balapan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island. Ini merupakan podium perdana sang pembalap di kelas MotoGP.

Tidak berhenti sampai di situ, Fabio Di Giannantonio turut memenangkan balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Lusail. Ini berstatus kemenangan perdananya di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Debut Fabio Di Giannantonio bersama tim VR46 juga berbuah manis pada tes MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 28 November yang lalu.

Dia mengakhiri tes di posisi tujuh dan berselisih cuma 0,5 detik saja dari pembalap tercepat, Maverick Vinales.

"Saya pikir ini akan menjadi kesempatan yang luar biasa bagi saya untuk belajar dari tim VR46, juga dari Valentino Rossi, pastinya dari Valentino Rossi," ungkap Fabio Di Giannantonio yang merasa bangga bisa gabung tim VR46. 

Tidak bisa dimungkiri, dengan dipertahankannya Marco Bezzecchi dan masuknya Fabio Di Giannantonio, Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team punya duo pembalap menjanjikan di MotoGP 2024.  

 

3 dari 3 halaman

Sejarah Tim Satelit Bisa Juara Dunia MotoGP

Sosok Marco Bezzecchi sendiri tidak perlu diragukan lagi. Pada MotoGP 2023, ia mengakhiri musim di posisi ketiga. Dia bahkan sempat ikut bersaing melawan Pecco Bagnaia dan Jorge Martin untuk jadi juara dunia. 

Total Marco Bezzecchi mengemas tiga pole position, satu kemenangan Sprint Race, dan tiga kemenangan di Main Race hari Minggu.

"Sebagai brand pelumas, merupakan sebuah mimpi untuk memiliki tim balap di ajang internasional sekelas MotoGP. Dan kami berhasil mewujudkan mimpi ini. Tentu selanjutnya kami juga ingin menjadi juara dunia di MotoGP," Intania menuturkan. 

Jadi tidak berlebihan rasanya, bila Pertamina Enduro VR46 MotoGP membidik titel juara dunia pada musim 2024.

Jika berhasil, maka muncul sejarah baru di kelas MotoGP: tim satelit pertama yang bisa membawa pembalap jadi juara dunia, sesuatu yang sempat dicoba Jorge Martin tahun 2023 tapi gagal. 

Andai benar-benar terealisasi, nama perusahaan asal Indonesia sekaligus sponsor utama VR46 Racing Team, Pertamina Lubricants juga bakal terangkat.  

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer