Sukses


MotoGP Ingin Dijual, Harganya 3,4 Miliar Paun: Siapa yang Minat?

Bola.com, Jakarta - Isu bahwa penyelenggara MotoGP, Dorna ingin menjual event yang berstatus Kejuaraan Dunia Balap Motor ini ternyata bukan isapan jempol belaka.

Kabar terbaru dilontarkan Sky News. Mereka mengabarkan, Pemilik MotoGP sedang dalam pembicaraan untuk menjualnya dengan harga 3,4 miliar paun.

Mereka mengupayakan penjualan dalam beberapa pekan ke depan. Menurut laporan tersebut, namun deadline yang diberikan masih belum pasti.

Saat ini, Dorna dikuasai oleh sebuah perusahaan ekuitas swasta bernama Bridgepoint. Bridgepoint kini berstatus pemegang saham terbesar di Dorna.

Diyakini Bridgepoint sedang bernegosiasi dengan para calon pembeli, salah satunya Liberty Media. Buat Anda pecinta motorsport, Liberty Media bukan nama asing. Karena mereka saat ini pemilik Formula 1.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

40 Persen Saham Bridgepoint di MotoGP

Bridgepoint memiliki hampir 40 persen saham Dorna atau penyelenggara MotoGP. Pihak kedua yang mempunyai sahan di ajang MotoGP adalah Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB).

Manajemen Dorna yang diketuai Carmelo Ezpeleta juga memiliki saham. Bridgepoint sendiri membeli MotoGP dari CVC Capital Partners pada tahun 2006, setelah CVC Capital Partners membeli Formula 1.

Lalu kemudian Formula 1 dijual lagi ke Liberty Media pada tahun 2017, dengan nilai sebesar 8 miliar dolar AS.

3 dari 3 halaman

Terbuka untuk Dijual

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, ditanyai tentang kemungkinan penjualan MotoGP. Dia mengaku sangat terbuka dengan hal ini. 

"Pemegang saham mayoritas Dorna adalah dana investasi, yang membeli sesuatu untuk dijual. Kami selalu siap untuk dijual, sejak hari pertama," kata Ezpeleta. 

"Kami telah bersama Bridgepoint sejak 2006 dan CPP sejak 2013. Selalu ada pendekatan dan segalanya. Itu saja. Untuk saat ini, hanya itu saja. Kami masih sama seperti biasanya," tambahnya. 

 

MotoGP sendiri akan memulai seri perdana pada balapan di Sirkuit Lusail, Qatar, akhir pekan ini. 

Video Populer

Foto Populer