Sukses


RESMI: NBA Dilanjutkan Bulan Depan tanpa Golden State Warriors

Jakarta - NBA musim 2019-2020 dipastikan akan lanjut kembali pada akhir Juli 2020. Namun hanya 22 tim saja yang akan ikut bertanding di kandang Micky Mouse, Disney World Resort, Florida, Amerika Serikat.

Kepastian dilanjutkannya NBA 2019-2020 didapat setelah Dewan Gubernur NBA menyetujui proposal yang diajukan Commissioner Adam Silver pada Jumat (5/6/2020). NBA akan dimulai secara tentatif pada Jumat, 31 Juli. Persetujuan Dewan merupakan salah satu langkah penting pertama yang dibutuhkan untuk melanjutkan musim.

NBA dan National Basketball Players Association (NBPA) sedang membahas rencana kembalinya musim dengan seksama. NBA dan NBPA berkoordinasi dengan pakar kesehatan masyarakat, penyakit menular, dan pejabat pemerintah agar dapat menghadirkan program yang paling tepat guna mencegah dan mengurangi risiko virus corona COVID-19, termasuk protokol pengujian rutin dan praktik keselamatan yang ketat. Kelanjutan musim juga bergantung pada perjanjian dengan The Walt Disney Company untuk menggunakan Walt Disney World Resort di dekat Orlando, Florida, sebagai lokasi tunggal untuk pertandingan, hingga latihan dan tempat tinggal pemain sepanjang sisa musim ini.

Berdasarkan format yang disetujui Dewan Gubernur NBA hari ini, 22 tim yang kembali adalah 16 tim (delapan dari masing-masing wilayah) yang saat ini berada di posisi playoff serta 6 tim tambahan yang berjarak enam pertandingan atau kurang dari tim yang berada di posisi playoff terbawah. Secara keseluruhan, dua kelompok itu merupakan 22 tim dengan rekor terbaik NBA.

"Persetujuan Dewan terhadap format kompetisi lanjutan merupakan langkah yang diperlukan untuk memulai kembali musim NBA," kata Komisioner NBA, Adam Silver. 

2 dari 4 halaman

Vince Carter

22 tim yang kembali untuk melanjutkan musim adalah Milwaukee Bucks, Toronto Raptors, Boston Celtics, Miami Heat, Indiana Pacers, Philadelphia 76ers, Brooklyn Nets, Orlando Magic dan Washington Wizards dari Wilayah Timur dan Los Angeles Lakers, LA Clippers, Denver Nuggets, Utah Jazz, Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, Dallas Mavericks, Memphis Grizzlies, Portland Trail Blazers, New Orleans Pelicans, Sacramento Kings, San Antonio Spurs dan Phoenix Suns dari Wilayah Barat.

Dengan demikian maka juara dua musim lalu Golden State Warriors tidak akan ikut serta di sisa musim NBA 2019-2020. Warriors memang terpuruk di papan bawah Wilayah Barat sehingga tak diajak tanding di kandang Micky Mouse. 

Format 22 tim juga membuat Vince Carter tak mendapatkan laga perpisahan. Carter sudah memutuskan pensiun setelah tampil 22 musim di NBA. Klub Carter, Atlanta Hawks tak akan ikut serta di Disney World Resort karena merupakan tim papan bawah Wilayah Timur. 

 

3 dari 4 halaman

Format

Setiap tim yang kembali akan memainkan delapan pertandingan seeding, yang dipilih dari sisa pertandingan musim reguler. Di akhir pertandingan seeding, tujuh tim dari setiap wilayah dengan catatan gabungan terbaik di seluruh pertandingan musim reguler dan pertandingan seeding akan lolos ke babak playoff.

Jika tim dengan rekor gabungan terbaik ke-8 di wilayahnya unggul empat pertandingan lebih dari tim dengan rekor gabungan terbaik ke-9 di wilayah yang sama, maka tim dengan rekor terbaik ke-8 akan langsung lolos ke babak playoff.

Jika tim dengan rekor gabungan terbaik ke-8 di wilayahnya (Tim A) unggul empat pertandingan atau kurang dari tim dengan rekor gabungan terbaik ke-9 di wilayah yang sama (Tim B), maka Tim A dan B akan bertanding dalam mini turnamen guna menentukan tim yang menempati posisi ke-8 dan lolos ke playoff. Untuk mendapatkan tempat ke-8 dan lolos ke playoff, Tim A perlu mengalahkan Tim B satu kali. Sementara, Tim B harus mengalahkan Tim A sebanyak dua pertandingan berturut-turut.

Musim 2019-20 akan berlangsung dengan format playoff biasa dengan seri best-of-seven di babak pertama, semifinal wilayah, final wilayah, dan Final NBA. 

 

Sumber asli: NBA

Disadur dari: Liputan 6 (Thomas, published 6/6/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer