Sukses


NBA Jadi Ajang Kampanye Keadilan Sosial dan Memerangi Rasisme

Los Angeles - NBA 2019-2020 akan dilanjutkan kembali pada 30 Juli 2020. Seluruh pertandingan akan dilangsungkan di Walt Disney World Resort di Florida, Amerika Serikat. Cuma 22 tim yang akan ikut berlaga.

Bersama National Basketball Players Association (NBPA), NBA mengumumkan pada Jumat (26/6/2020) waktu setempat, bahwa keduanya telah merampungkan rencana untuk melanjutkan musim 2019-20 pada 30 Juli. Rencana itu mencakup protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat, dengan Walt Disney World Resort di Florida sebagai lokasi tunggal untuk pertandingan, pelatihan, dan tempat tinggal pemain sepanjang sisa musim.

NBA 2019-2020 juga akan menjadi ajang gerakan bersama untuk memerangi rasisme sistemik dan mengedepankan keadilan sosial.

Selain itu, NBA dan Disney telah mencapai kesepakatan untuk menjadikan Arena, Field House dan Visa Athletic Center di ESPN Wide World of Sports Complex sebagai tempat untuk semua pertandingan selama sisa musim ini, yang akan dilanjutkan dengan 22 tim tanpa penonton.

Pada waktu yang sama, NBA dan NBPA juga mengukuhkan kesepakatan tentang protokol kesehatan dan keselamatan, yang akan mengatur dimulainya kembali musim ini. Program ketat yang membahas risiko terkait virus corona COVID-19 dan berpusat pada kesejahteraan pemain, pelatih, wasit, dan staf juga telah dibentuk melalui proses konsultasi dengan pakar kesehatan masyarakat, spesialis penyakit menular, dan pejabat pemerintah.

NBA dan NBPA mengumumkan pada Rabu (24/6/2020) waktu setempat bahwa secara prinsip mereka sepakat untuk melanjutkan musim pertandingan dengan tujuan menemukan cara nyata dan berkelanjutan untuk mengatasi ketidaksetaraan ras di Amerika Serikat.

 

 

 

Video

2 dari 3 halaman

Perwakilan Kulit Hitam

Para pemimpin NBA dan NBPA juga telah membahas strategi untuk meningkatkan perwakilan kulit hitam di dalam NBA serta semua timnya, memastikan kesertaan lebih besar untuk bisnis yang dimiliki dan dijalankan warga kulit hitam di seluruh kegiatan bisnis NBA, serta membentuk yayasan NBA untuk memperluas peluang pengembangan pendidikan dan ekonomi di berbagai komunitas kulit hitam.

Dengan mengakui bahwa perubahan jangka panjang hanya bisa datang dari komitmen yang dilandaskan informasi akurat, pembicaraan mengenai upaya itu akan berlanjut dan rincian tambahan akan diumumkan di kemudian hari.

"Kami bekerja bersama Asosiasi Pemain untuk menyusun rencana guna melanjutkan musim pertandingan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan, melestarikan kompetisi yang sehat dan menyediakan wadah untuk mengatasi masalah keadilan sosial," kata Komisioner NBA, Adam Silver.

“Kami berterima kasih kepada mitra lama kami, Disney, yang menjadi tuan rumah dan memungkinkan pertandingan dimulai kembali. Kami juga berterima kasih kepada pejabat kesehatan masyarakat dan spesialis penyakit menular, yang membantu memandu pembuatan protokol dan perlindungan kesehatan menyeluruh.”

"Sangat senang untuk secara resmi mengumumkan bahwa musim 2019-2020 akan dilanjutkan," kata NBPA Executive Director, Michele Roberts.

 

3 dari 3 halaman

Delapan Pertandingan

Dengan format kompetisi baru, ke-22 tim yang bertanding terdiri dari delapan tim di setiap wilayah dengan persentase kemenangan tertinggi saat ini dan enam tim yang tertinggal enam pertandingan dari unggulan kedelapan di setiap wilayah.

Saat dilanjukan kembali, masing-masing tim peserta memainkan delapan pertandingan seeding untuk menentukan urutan mereka, sesuai dengan seleksi sisa pertandingan reguler.

Pada akhir pertandingan seeding, tujuh tim di setiap wilayah dengan persentase catatan gabungan tertinggi di pertandingan reguler dan pertandingan seeding akan menjadi unggulan pertama hingga ketujuh yang lolos ke babak NBA Playoff untuk masing-masing wilayah. Jika tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kedelapan (permainan musim reguler dan seeding) dalam suatu wilayah unggul empat pertandingan lebih dari tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kesembilan dalam wilayah sama, maka tim dengan persentase kemenangan terbaik kedelapan akan langsung lolos ke babak playoff (menempati urutan kedelapan) di wilayah itu.

Jika tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kedelapan dalam sebuah wilayah (Tim 8) unggul empat pertandingan atau kurang dari tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kesembilan dalam wilayah sama (Tim 9), maka kedua tim akan bermain di dalam mini turnamen guna menentukan tim yang menempati posisi ke-8 dan lolos ke playoff. Untuk mendapatkan tempat ke-8 dan lolos ke playoff, Tim 8 perlu mengalahkan Tim 9 satu kali. Sementara, Tim 9 harus mengalahkan Tim 8 sebanyak dua pertandingan berturut-turut.

Prosedur standar NBA untuk pertandingan playoff bagi tim yang seri akan digunakan untuk menentukan pemenangnya berdasarkan persentase kemenangan. Setelah 16 tim playoff ditetapkan, pertandingan playoff NBA akan dilanjutkan sesuai format biasanya yang didasarkan pada pembagian wilayah dengan empat putaran dan seri best-of-seven di setiap ronde. Final NBA 2020 akan berakhir paling lambat pada 13 Oktober.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Liputan6.com (Thomas/Edu Krisnadefa, published 29/6/2020)

Video Populer

Foto Populer