Sukses


Libur Lebaran, Atlet Olimpiade Panahan Wajib Jaga Pola Makan

Bola.com, Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) memberikan jatah libur lebaran selama sepekan kepada para atlet pelatnas panahan untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Ika Yuliana Rochmawati dkk. dipulangkan ke daerah masing-masing untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Pelatnas panahan mulai diliburkan sejak Minggu (3/7/2016) hingga tiga hari setelah lebaran. Usai liburan, para atlet akan kembali melakukan pemusatan latihan yang digelar di Yogyakarta.

"Meski libur, kami meminta atlet untuk tetap menjaga kondisi. Mereka juga harus pintar-pintar dalam mengatur pola makan. Kami tahu saat lebaran banyak makanan enak. Mereka boleh makan, asal tak lupa diri. Makan secukupnya saja. Jangan sampai fisik mereka drop saat kembali latihan karena Olimpiade sudah dekat," kata Alman Hudri, Sekjen PP Perpani, saat dihubungi Bola.com, Sabtu (2/7/2016).

Usai tampil pada Piala Dunia Seri 3 di Antalya, Turki, 12-19 Juni, Perpani memindahkan lokasi latihan pelatnas panahan dari Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, ke Yogyakarta.

"Alasan utamanya karena lapangan di Senayan mau direnovasi untuk Asian Games 2018. Pemindahan lokasi latihan ini ternyata disambut baik para atlet. Mereka mendapat suasana baru yang lebih tenang ketimbang di ibukota. Selain itu, biaya hidup di Yogyakarta lebih murah sehingga atlet bisa menghemat uang saku mereka," ujar Alman.

Selama di Yogyakarta, tim pelatih yang dikepalai Denny Trisyanto fokus menjaga fisik dan mental atlet sambil tetap melakukan pembenahan teknik. Tim pelatnas panahan baru akan kembali ke Jakarta dua hari sebelum berangkat ke Brasil. Panahan di Olimpiade 2016 akan berlangsung pada 6-12 Agustus 2016.

"Kami sebenarnya ingin berangkat pada 24 Juli. Namun, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meminta kami tetap berangkat pada 27 Juli. Berangkat lebih awal penting untuk aklimatisasi. Kami harus mengetahui dengan detail kondisi di arena pertandingan, seperti arah angin dan cuaca," tutur Alman.

Panahan meraih empat tiket Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Ika Yuliana Rochmawati lolos pada Kejuaraan Panahan Dunia 2015 di Kopenhagen, Denmark, 27 Juli-2 Agustus. Sementara itu, tim beregu putra yang bermaterikan trio Riau Ega Agatha Salsabila, Muhammad Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama merebut tiket setelah meraih medali emas pada turnamen kualifikasi Olimpiade di Piala Dunia Panahan Seri 3 di Antalya, Turki.

Video Populer

Foto Populer