Sukses


3 Lifter Indonesia Jalani Tes Doping Acak

Bola.com, Rio de Janeiro  Tiga lifter Indonesia, Deni, I Ketut Ariana, dan Muhamad Hasby, menjalani tes doping acak yang digelar Badan Anti-doping Dunia (WADA) di Rio de Janeiro, Selasa (2/8/2016) pagi waktu setempat. Tes ini merupakan bagian dari komitmen untuk memastikan Olimpiade 2016 bebas dari praktik doping. 

Dalam rilis yang diterima Bola.com dari Chef de Mission (CdM) Olimpiade, Raja Sapta Oktohari, disebutkan pada Selasa pukul 07.00 waktu setempat, kamar tim angkat besi Indonesia didatangi dua petugas doping yang melakukan tes doping secara acak. Kedatangan mereka disambut maanajer angkat besi, Alamsyah Wijaya.

Tiga pemain yang terpilih menjalani tes doping adalah Deni, Ketut Ariana dan Hasby.  Meski terkesan mendadak, Alamsyah mengaku tak mempermasalahkan hasil tersebut. “Ini sudah biasa dan karena kami tidak menyembunyikan apapun, kami bisa menerima mereka dengan terbuka,” kata Alamsyah. 

“Ini memang bagian dari rutinitas. Kami sudah diberi tahu bahwa setidaknya akan ada tiga tes menjelang dan selama Olimpiade,” imbuh Alamsyah.

Ia menambahkan saat menjalani pemusatan latihan di Cape Town, Afrika Selatan, sebelum berangkat menuju Rio de Janeiro, para lifter juga sudah menjalani tes di luar kompetisi, yang juga dilakukan WADA.

“Kami memang punya kewajiban untuk melaporkan keberadaan kami setiap tiga bulan. Jadi saat berangkat ke Cape Town, kami juga melapor. Setibanya di sana, petugas tes doping dari WADA mendatangi latihan kami dan seluruh tim angkat besi yang terdiri dari tujuh lifter menjalani tes di luar kompetisi,” kata Alamsyah.

Selain itu, para lifter juga wajib mengisi formulir untuk memberitahu suplemen apa saja yang mereka konsumsi selama latihan.

Pengawasan doping pada Olimpiade 2016 terbilang ketat setelah skandal doping Rusia. Federasi Angkat Besi Internasional, IWF, telah melarang tim Rusia berlaga di kompetisi angkat besi Olimpiade 2016.

Setelah ini, menurut jadwal masih ada satu tes doping lagi yang akan dilakukan pada peringkat tiga besar dan juga 10-12 lifter lain secara acak.

 

Video Populer

Foto Populer