Sukses


9 Fakta Menarik Upacara Pembukaan Olimpiade Rio 2016

Bola.com, Jakarta - Meski diwarnai skandal doping, virus Zika, serta isu keamanan dan infrastruktur di Brasil, Olimpiade Rio de Janeiro 2016 tetap berjalan sesuai jadwal. Upacara pembukaan pesta olah raga terbesar empat tahunan itu akan digelar dalam hitungan jam.

Olimpiade musim panas edisi ke-31 akan diikuti lebih dari 11 ribu atlet dari 206 negara. Mereka bakal berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam 28 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Olimpiade Rio 2016 berlangsung pada 5 sampai 21 Agustus. Sementara upacara pembukaan akan berlangsung pada Jumat (5/8/2016) malam waktu Brasil atau Sabtu (6/8/2016) pagi WIB.

Tentu banyak yang penasaran bagaimana upacara pembukaan ajang empat tahunan itu akan berjalan. Beberapa rincian kabarnya sudah bocor di media. Meski demikian, itu diyakini tak akan mengurangi kemeriahan acara pembukaan.

Sejumlah fakta menarik tentunya menyertai seremoni pembukaan Olimpiade 2016. Apa saja? Berikut ini 9 fakta menarik upacara pembukaan Olimpiade 2016:

2 dari 4 halaman

Persiapan

1. Lokasi dan Waktu Acara

Upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 akan digelar di Stadion Maracana dan dimulai pada pukul 20.00 waktu Brasil atau 06.00 WIB. Acara yang melingkupi sambutan formal, pengibaran bendera, defile atlet, serta pertunjukan seni dan budaya tuan rumah itu diperkirakan berlangsung selama lebih dari empat jam dan bakal disaksikan langsung sekitar 78.000 penonton.

Stadion Maracana, lokasi upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 pada Jumat (5/8/2016). (rio2016.com)

2. Persiapan

Creative director upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 adalah sutradara film kenamaan Brasil, Fernando Meirelles, yang dibantu oleh dua produser Daniela Thomas dan Andrucha Waddington serta koreografer Deborah Colker. Persiapan untuk para pengisi acara sudah dimulai sejak akhir Mei 2016. Geladi kotor upacara pembukaan juga sudah dilakukan pada akhir pekan lalu.

3. Pengisi Acara

Sebanyak 700 orang (termasuk penari dan aktor) akan menjadi pengisi acara upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Jumlah pengisi acara terpaksa dipangkas dari awalnya 3.000 orang dengan alasan finansial.

3 dari 4 halaman

Tema

4. Tema

Upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mengambil tiga tema utama yang membawa pesan kuat terhadap lingkungan hidup dan perdamaian, yaitu taman, keanekaragaman, dan kegembiraan (garden, diversity, and joy).

5. Pertunjukan Seni dan Budaya

Pihak ofisial menyimpan rapat-rapat soal detail upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Namun, beberapa media asing sudah mendapat beberapa bocoran soal apa yang bakal terlihat pada acara nanti.

Dengan bujet terbatas, panitia diperkirakan akan lebih menonjolkan performa para pengisi acara. Akan ada pertunjukan tarian samba dan kostum karnaval yang diperankan oleh penari-penari seksi. Tak lupa pula pertunjukan kembang api pada akhir acara.

6. Bertabur Bintang

Beberapa bintang terkenal akan terlibat dalam upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Mereka adalah supermodel Gisele Bundchen, aktor Judi Dench, aktris Fernanda Montenegro, penyanyi Paulinho da Viola, Caetano Veloso, Elza Soares, Gilberto Gil, Anitta, Karol Conka, dan MC Soffia, serta model transgender Lea T.

Model seksi Gisele Bundchen bakal unjuk gigi dalam pembukaan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana. (Bryan Bedder / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

4 dari 4 halaman

Tamu Kehormatan

7. Penyulut Api Kaldron

Siapa penyulut api Olimpiade di kaldron masih menjadi tanya tanya. Kabar terakhir menyebut sosok yang mendapat kehormatan untuk menjadi penyulut api adalah legenda sepak bola Brasil, Pele. Namun, pada hari tersebut pria berusia 75 tahun itu sudah terikat kontrak untuk menghadiri acara dengan salah satu sponsornya. Sponsor tersebut sudah memberi lampu hijau kepada Pele untuk menyulut api ke kaldron. Kini dia tinggal menunggu persetujuan dokter karena punya masalah otot yang membuatnya sulit bergerak.

Legenda sepak bola Brasil Pele menerima obor Olimpiade di Pele Museum di Santos, Sao Paulo, pada 22 Juli 2016. (Rio 2016 / Andre Luiz Mello / Rio 2016 / Andre Luiz Mello / AFP)

8. Tamu Kehormatan

Karena Brasil sedang menghadapi krisis politik, hanya sedikit kepala negara yang datang pada upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Berikut ini adalah tamu kehormatan yang sudah memastikan hadir:

1. Mauricio Macri (Presiden Argentina)
2. Juan Manuel Santos (Presiden Kolombia)
3. Milos Zeman (Presiden Rep. Ceska)
4. Francois Hollande (Presiden Prancis)
5. Janos Ader (Presiden Hungaria)
6. Horacio Cartes (Presiden Paraguay)
7. Marcelo Rebelo de Sousa (Presiden Portugal)
8. Tomislav Nikolic (Presiden Serbia)
9. Tamim Bin Hamad Al Thani (Emir Qatar)
10. Matteo Renzi (Perdana Menteri Italia)
11. Willem-Alexander (Raja Belanda)
12. Ban Ki-moon (Sekjen PBB)
13. John Kerry (Sekretaris Negara AS)

9. Pembawa Bendera

Setiap upacara pembukaan Olimpiade musim panas atau musim dingin selalu dihiasi seremoni defile atlet setiap negara. Masing-masing negara akan memilih atlet yang mendapat kehormatan membawa bendera dalam parade. Berikut ini adalah beberapa nama tenar yang dipercaya menjadi pembawa bendera negara masing-masing pada upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016:

1. Luis Scola (Argentina)
2. Vasil Kiryienka (Belarusia)
3. Lei Sheng (China)
4. Caroline Wozniacki (Denmark)
5. Teddy Rinner (Prancis)
6. Timo Boll (Jerman)
7. Andy Murray (Britania Raya)
8. Maria Natalia Londa (Indonesia)
9. Federica Pellegrini (Italia)
10. Shelly-Ann Fraser-Pryce (Jamaika)
11. Keisuke Ushiro (Jepang)
12. Lee Chong Wei (Malaysia)
13. John Obi Mikel (Nigeria)
14. Gu Bon-gil (Korea Selatan)
15. Rafael Nadal (Spanyol)
16. Ratchanok Intanon (Thailand)
17. Michael Phelps (AS)

Video Populer

Foto Populer