Sukses


Bungkam Musuh Bebuyutan, Tontowi / Liliyana ke Final Olimpiade

Bola.com, Rio de Janiero - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke final bulutangkis Olimpiade Rio de Janeiro 2016 setelah menang 21-16 dan 21-15 atas Zhang Nan/Zhao Yunlei dari China, Senin (15/8/2016) waktu setempat atau Selasa pagi WIB.

Tontowi/Liliyana menampilkan permainan cepat dengan pukulan-pukulan terukur pada awal pertandingan. Zhang/Zhao sempat tertinggal 5-10 dari pasangan Indonesia tersebut.

Namun, Zhang/Zhao berhasil bangkit untuk mendikte permainan Tontowi/Liliyana. Saat interval gim pertama berakhir, pasangan China nomor 1 dunia itu unggul 11-10.

Setelah jeda, Tontowi/Liliyana mulai menemukan permainan terbaik dan berbalik unggul 16-14. Pasangan nomor satu Indonesia itu pun menutup gim pertama 21-16 dalam tempo 25 menit.

Memasuki gim kedua, Tontowi/Liliyana tidak memberikan Zhang/Zhao untuk mengembangkan permainan. Pasangan Indonesia berperingkat 3 dunia itu langsung unggul cepat 5-0.

Zhang/Zhao sempat berusaha memperkecil skor. Namun, beberapa kali juga ganda China itu melakukan kesalahan sendiri. Tontowi/Liliyana pun bisa menjaga keunggulan dan unggul 11-8 saat interval.

Pertandingan kembali berjalan alot saat Zhang/Zhao menyamakan kedudukan menjadi 14-14. Akan tetapi, pasangan Indonesia tidak ingin kehilangan momen memegang kendali permainan. Lima poin beruntun didapat Tontowi/Liliyana untuk kemudian unggul 19-14.

Namun, ganda China itu hanya bisa menambah satu angka, sementara Tontowi/Liliyana pun bisa menutup pertandingan dengan kemenangan 21-15. Kemenangan ini memutus catatan delapan kali kekalahan beruntun Tontowi/Liliyana dari Zhang/Zhao. Secara total, pasangan Indonesia ini masih kalah rekor pertemuan, 6-13, dari Zhang/Zhao.

Pada laga final, Tontowi/Liliyana akan bertemu pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang menang 21-12 dan 21-19 atas pasangan China lain, Xu Chen/Ma Jin. Ganda dari Malaysia ini sebelumnya pernah takluk dari Tontowi/Liliyana, 15-21 dan 11-21, pada fase grup, 13 Agustus lalu.

Tontowi/Liliyana pun merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke final cabang bulutangkis. Pertandingan final bakal berlangsung di Riocentro, Rabu (17/8/2016), pukul 22.30 WIB dan akan disiarkan langsung oleh SCTV.

Sumber: Rio 2016

Video Populer

Foto Populer