Sukses


Tontowi / Liliyana Gagalkan Ambisi China Sapu Bersih Emas

Bola.com, Rio de Janeiro - Keberhasilan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke  final nomor ganda di Olimpiade Rio de Janeiro, Senin (15/8/2016) waktu Brasil, membuat ambisi China menyapu bersih emas di cabang bulutangkis seperti empat tahun lalu dipastikan gagal terwujud.

China gagal meloloskan wakilnya ke final ganda campuran setelah ganda nomor satu dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei, takluk 16-21, 15-21 dari Tontowi/Liliyana di babak semifinal. Adapun di semifinal lainnya, pasangan Xu Chen/Ma Jin kalah dari ganda Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, juga dengan dua gim langsung 12-21, 19-21. Dengan demikian, partai final bakal mempertemukan ganda Indonesia melawan pasangan Malaysia, Chan/Goh. 

Pada Olimpiade London empat tahun lalu China sangat mendominasi cabang bulutangkis. Final ganda campuran mempertemukan dua wakil China, Zhang Nan/Zhao Yunlei kontra Xu Chen/Ma Jin. Medali Emas akhirnya jatuh ke tangan Zhang/Zhao.

Pada empat nomor lainnya, China juga berjaya. Pada nomor tunggal putri juga terjadi all chinese final antara Li Xueriu melawan Wang Yihan. Medali emas masuk ke genggaman Li Xuerui. Adapun emas nomor tunggal putra dimenangi Lin Dan yang mengalahkan rival abadinya asal Malaysia, Lee Chong Wei.

Di nomor ganda putra, gelar juara direbut pasangan Fu Haifeng/Chai Yun dan emas ganda putri jadi milik Tian Qing/Zhao Yunlei. Indonesia terpaksa pulang dengan tangan hampa, yang menjadi kegagalan terbesar sejak bulutangkis dipertandingkan pada Olimpiade Barcelona 1992. 

Namun, skenario China untuk kembali menyapu bersih gelar akhirnya kandas. Pasangan nomor satu dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang diharapkan mendulang medali di nomor ini gagal mengatasi permainan apik Tontowi/Liliyana. Mereka bermain tegang dan sering melakukan kesalahan sendiri, sehingga sangat menguntungkan Owi/Butet. Pasangan nomor dua dunia asal Indonesia itu akhirnya bisa merebut tiket ke final sekaligus menjaga asa Indonesia meraih medali emas di Olimpiade Rio.

Partai final antara Tontowi/Liliyana melawan ganda Malaysia Chan/Goh bakal digelar Rabu (17/8/2016) pukul 22.30 WIB, serta disiarkan langsung oleh SCTV.  Ganda dari Malaysia ini sebelumnya pernah takluk dari Tontowi/Liliyana, 15-21 dan 11-21, pada fase grup, 13 Agustus.

 

 

Video Populer

Foto Populer