VIDEO: Belanda Menang Tipis 3-2 Atas Ukraina Berkat Gol Denzel Dumfries

VIDEO: Belanda Menang Tipis 3-2 Atas Ukraina Berkat Gol Denzel Dumfries

Timnas Belanda harus bersusah payah mendapatkan tiga poin perdana pada laga pembuka Grup C ajang Euro 2020. Berhadapan dengan Timnas Ukraina di Johan Cruijff ArenA, Senin (14/06/2021) dini hari WIB, De Oranje harus melewati drama lima gol untuk menang 3-2.

Laga di Grup C Euro 2020 ini berlangsung ketat. Karena Belanda sempat menang 2-0, lalu disamakan oleh Ukraina dan kemudian kembali unggul untuk mengemas tiga poin.

Tiga gol Timnas Belanda disumbangkan Georginio Wijnaldum, Wout Weghorst, dan Denzel Dumfries. Sementara dua gol Ukraina dibukukan oleh Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk.

Kedua tim sama-sama kesulitan membongkar pertahanan lawan di babak pertama. Menit kedua, Memphis Depay unjuk skill dalam serangan balik ke daerah pertahanan lawan dan di akhiri dengan sontekan yang masih bisa ditepis kiper Ukraina, George Buschan.

Babak pertama, Ukraina sukses menahan imbang Belanda dengan skor 0-0.Jalannya babak kedua sangat seru. Tercipta tiga gol pada babak ini. Dimulai aksi penggawa senior dari Timnas Belanda, Georginio Wijnaldum.

Berawal dari umpan silang ke kotak penalti Ukraina, kiper George Buschan melakukan adangan. Sayang bola mentahan itu dimanfaatkan Wijnaldum dan membuat skor 1-0 untuk keunggulan Belanda menit ke-52.

Menit 59, Belanda membuat gol kedua. Kali ini melalui aksi Denzel Dumfries yang merangsek ke kotak penalti dan diadang bek Ukraina. Kembali bola mentah disambar Wout Weghorst menjadi gol kedua Timnas Belanda.

Hanya saja Ukraina bangkit meski ketinggalan dua gol. Anak asuh Andriy Shevchenko memperkecil kedudukan lewat kombinasi antara Roman Yaremchuk dengan Andriy Yarmolenko menit ke-75.

Kemudian Yarmolenko melakukan cut inside dan melepas tendangan. Skor 1-2. Tidak berselang lama, Yaremchuk kembali beraksi. Kali ini memanfaatkan tendangan bebas Ruslan Malinovsky, ia melakukan sundulan dan berbuah gol penyama kedudukan menit 79.

Timnas Belanda enggan menyerah. Menit ke-85, Denzel Dumfries melakukan sundulan memanfaatkan umpang silang Nathan Ake untuk membawa Timnas Belanda mengalahkan Ukraina dan mendapatkan tiga poin perdana di ajang Euro 2020.

Ringkasan

Oleh Dody Iryawan pada 14 June 2021, 05:08 WIB

Video Terkait

Spotlights