Sukses


Superstar Euro 2020: Georginio Wijnaldum Sosok yang Menutup Kiprah Belanda di Grup C dengan Sempurna

Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda menutup kiprah sempurna di Grup C Euro 2020 juga dengan kemenangan sempurna. Tim Oranye menang telak 3-0 atas Makedonia Utara di Johan Cruyff Arena, Senin (21/6/2021) malam WIB, dua gol di antaranya dicetak gelandangnya, Georginio Wijnaldum.

Kemenangan Belanda dibuka oleh gol Memphis Depay pada menit ke-24. Bahkan keunggulan tipis 1-0 milik Belanda itu pun bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Aksi Georginio Wijnaldum dalam pertandingan ini makin terlihat cemerlang pada babak kedua. Pemain yang musim lalu bermain bersama Liverpool itu berhasil dua kali menggetarkan gawang Makedonia Utara pada menit ke-51 dan 58.

Kontribusi nyata itu membuatnya juga diganjar oleh penghargaan individual sebagai man of the match setelah laga berakhir.

"Selalu luar biasa rasanya menjadi man of the match, tapi sejujurnya Frenkie de Jong dan Memphis Depay lebih layak daripada saya. Mereka tampil luar biasa hari ini. Rahasia untuk mencetak gol hari ini adalah berada di posisi yang tepat," ujar Wijnaldum seperti dilansir situs resmi UEFA.

Satu hal yang menarik, peran penting Georginio Wijnaldum dalam laga ini tak sebatas dua gol yang dicetaknya untuk memastikan akhir sempurna Belanda di fase grup Euro 2020.

 

Video

2 dari 2 halaman

Catatan Mengesankan

Dua gol yang dicetak Georginio Wijnaldum tentu membuat ratingnya dalam pertandingan Euro 2020 ini cukup tinggi. Whoscored memberinya rating 8,7.

Wijnaldum mencatatkan tiga tembakan yang dua di antaranya tepat sasaran. Ia juga menyelesaikan dua kali upaya dribel bola dan melewati lawan.

Tiga tekel sukses juga dilakukannya dari tiga percobaan. Satu intersep pun mampu dibuatnya dan menyelesaikan 26 dari 30 operan yang diciptakannya hingga 90 menit pertandingan berakhir.

"Dia adalah pemimpin yang sepantasnya di atas lapangan, baik ketika menguasai bola maupun tidak. Dan dia mencetak dua gol," tutur pengamat teknis UEFA, Aitor Karanka.

Sumber: UEFA, Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 22/6/2021)

Video Populer

Foto Populer