Sukses


Timnas Denmark Lolos ke-16 Besar Euro 2020, Mikkel Damsgaard: Benar-Benar Edan!

Bola.com, Copenhagen - Timnas Denmark secara mengejutkan berhasil lolos ke-16 besar Euro 2020 setelah mengalahkan Rusia pada laga terakhir Grup B. Striker Denmark, Mikkel Damsgaard, merasa tak percaya timnya bisa menembus fase knock-out.

Timnas Denmark mengawali Euro 2020 dengan hasil yang kurang meyakinkan. Pada laga perdana Grup B di Parken Stadium, 13 Juni lalu, Denmark menelan kekalahan 0-1 dari Finlandia.

Hasil minor kembali didapat Timnas Denmark pada pertandingan kedua. Tim asuhan Kasper Hjulmand tersebut takluk 1-2 dari Belgia di Parken Stadium, 17 Juni 2021.

Dua hasil minor tersebut membuat Denmark berada di dasar Grup B dengan nilai nol. Alhasil, peluang Timnas Denmark untuk bisa menembus 16 besar Euro 2020 semakin sulit.

Namun pada laga terakhir, tim berjulukan The Danish Dynamite itu memperlihatkan daya ledak yang sesungguhnya. Bersua Rusia di Parken Stadium, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB, Denmark meraih kemenangan dengan skor 4-1.

Keempat gol Timnas Denmark disarangkan Mikkel Damsgaard pada menit ke-38, Yussuf Poulsen menit ke-59, Andreas Christensen menit ke-79, dan Joakim Maehle menit ke-82. Sementara itu, gol tunggal Rusia dicetak Artem Dzyuba menit ke-70.

Kemenangan itu membuat Denmark melesat ke urutan dua Grup B dengan nilai tiga. Mereka unggul produktivitas gol atas Finlandia dan Rusia yang menghuni posisi tiga dan empat.

Hasil tersebut membuat Timnas Denmark melenggang ke-16 besar Euro 2020, mendampingi Belgia yang lolos sebagai juara grup. Pada fase knock-out, Denmark akan bersua Wales di Johan Cruyff Arena, 26 Juni mendatang.

 

2 dari 3 halaman

Tak Menduga

Mikkel Damsgaard mengaku tak menduga Timnas Denmark berhasil lolos ke-16 besar Euro 2020. Baginya, keberhasilan The Danish Dynamite merupakan hal yang gila.

"Sungguh gila kami bisa lolos. Tim ini, semua pemain! Ini perasaan yang luar biasa. Luar biasa menjadi bagian dari ini. Saya tidak pernah bermimpi menjadi bagian dari sesuatu yang begitu hebat," kata Damsgaard.

Hal senada juga diutarakan pelatih Timnas Denmark, Kasper Hjulmand. Pria berusia 49 tahun tersebut kehabisan kata-kata dengan pencapaian yang ditorehkan timnya.

"Saya kehabisan kata-kata tentang kekaguman saya pada tim ini. Mereka sangat kuat. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang Denmark, suporter di stadion," ujar Hjulmand.

"Cinta dan perhatian yang diberikan seluruh publik Denmark telah memperlihatkan kepada kita jika itu bisa memberi kekuatan untuk para pemain, masuk ke kaki mereka dan keluar di stadion ini," tambahnya.

Sumber: UEFA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer