Sukses


Inggris Libas Jerman di Euro 2020, Penebusan Dosa Gareth Southgate 25 Tahun Lalu

Bola.com, London - Timnas Inggris melangkah ke perempat final Euro 2020 setelah melibas Jerman 2-0 di Wembley, Rabu (30/6/2021).

Kesuksesan ini begitu berarti bagi pelatih The Three Lions, Gareth Southgate. Southgate memiliki masa lalu yang menyedihkan di Euro 1996. Ia gagal mengeksekusi penalti dalam duel kontra Jerman di semifinal.

Ketika itu, duel sangat ketat dan berakhir 1-1 pada waktu normal.

Pertandingan kemudian harus ditentukan melalui drama adu tendangan penalti. enam eksekutor Timnas Jerman berhasil melakukan tugasnya, begitu juga dengan lima eksekutor dari Timnas Inggris.

Gareth Southgate yang menjadi eksekutor keenam justru gagal melakukan tugasnya. Timnas Inggris akhirnya tersingkir dengan skor 5-6, sedangkan Timnas Jerman berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Republik Ceska di final.

25 tahun kemudian, Southgate menyajikan cerita berbeda. Sejauh ini dia sempurna setelah mengantarkan Inggris ke perempat final dengan catatan apik, yakni kemenangan memuaskan (2-0 atas Jerman) dan belum kebobolan.

Timnas Inggris disebut berada di jalur 'juara' karena 'hanya' melawan Swedia atau Ukraina di perempat final.

Mampukah Gareth Southgate mengantarkan Inggris sampai garis akhir di Euro 2020?

Video

2 dari 2 halaman

Fakta di Balik Kemenangan Timnas Inggris

  • Harry Kane mencetak gol di Piala Eropa untuk pertama kali dalam kariernya. Ia berhasil menjawab kritik setelah mandul pada tiga pertandingan sebelumnya.
  • Untuk pertama kalinya dalam sejarah di Piala Eropa, Inggris memenangkan pertandingan sistem gugur di turnamen dalam 90 menit.
  • Jordan Pickford belum kebobolan satu gol pun di Euro 2020.
  • Inggris adalah satu-satunya tim dengan rekor clean sheet 100% di Euro 2020 sejauh ini.
  • Raheem Sterling tidak pernah kalah dalam satu pertandingan untuk Inggris di Wembley. Penyerang Manchester City itu telah mencetak 10 gol.
  • Inggris menyingkirkan Jerman di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak 1966. 
  • Inggris mengalahkan Jerman di Stadion Wembley untuk pertama kalinya sejak 1975. 
  • Inggris mengalahkan Jerman di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak tahun 2000. 

 

Sumber: Squawka, Sports Mole

Video Populer

Foto Populer