Sukses


8 Data dan Fakta Swiss Vs Spanyol di Perempat Final Euro 2020: La Furia Roja Seharusnya Pede

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol harus bisa menghentikan kejutan Swiss jika ingin melangkah ke semifinal Euro 2020. Spanyol dan Swiss akan saling jegal pada perempat final di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Jumat (2/7/2021). 

Timnas Swiss menciptakan kejutan besar pada Euro 2020 setelah mendepak Prancis di babak 16 besar. Kemampuan Swiss melanjutkan kejutan tersebut akan diuji tim besar lainnya, Spanyol, di babak perempat final. 

Pemenang laga tersebut akan menghadapi Belgia atau Italia di babak semifinal.

Banyak kejutan yang sudah tersaji di turnamen ini. Salah satunya adalah kekalahan sang juara dunia Prancis dari Swiss di babak 16 besar lewat adu penalti. Swiss menciptakan sejarah baru karena untuk kali pertama melangkah ke perempat final Piala Eropa. 

Dalam laga itu, Swiss unggul lewat gol Haris Seferovic menit ke-15. Prancis berbalik memimpin 3-1 hingga menit ke-75, dan Swiss mencetak dua gol balasan melalui Seferovic menit 81 serta Mario Gavranovic menit 90. Swiss kemudian menang adu penalti 5-4 dan lolos ke perempat final Euro untuk pertama kalinya.

Sementara itu, Spanyol sudah mulai kembali menunjukkan taringnya. Hanya bisa imbang dan mencetak satu gol dalam dua laga pertamanya di fase grup, Spanyol kemudian mencetak 10 gol ke gawang Slovakia dan Kroasia dalam dua laga berikutnya.

Kemenangan 5-0 atas Slovakia memastikan Spanyol ke babak 16 besar. Di babak itu, Spanyol menumbangkan Kroasia lewat extra time dengan skor 5-3. Spanyol mengalahkan runner-up Piala Dunia itu melalui gol-gol Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta. Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal.

Di laga kontra Kroasia, kiper Unai Simon melakukan sebuah blunder fatal yang membuat timnya tertinggal. Namun, dia bangkit dan melakukan sejumlah penyelamatan krusia untuk membantu La Furia Roja lolos ke perempat final.

Pertemuan terakhir Swiss dan Spanyol di turnamen besar adalah di penyisihan grup Piala Dunia 2010. Waktu itu, Swiss menaklukkan Spanyol 1-0 lewat gol tunggal Gelson Fernandes. Itu adalah satu-satunya kemenangan Swiss dalam 22 pertemuan dengan Spanyol sejauh ini.

Dua pertemuan terakhir Swiss dan Spanyol tersaji di ajang UEFA Nations League pada tahun 2020. Pada Oktober, Spanyol mengalahkan Swiss 1-0 di kota Madrid lewat gol tunggal Mikel Oyarzabal. Pada November, mereka bermain imbang 1-1 di Basel, di mana gol pembuka Remu Freluer untuk Swiss menit 26 dibalas oleh Gerard Moreno menit 89.

Kali ini, Swiss dan Spanyol bertemu di perempat final Euro 2020. Mereka adalah tim tim yang sudah menyingkirkan dua finalis Piala Dunia 2018. Siapakah yang akan melenggang ke semifinal? 

Mampukah Swiss melanjutkan kejutannya, atau Spanyol yang makin bertaring untuk mendekat ke tangga juara Euro 2020? 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

  • Ini pertemuan pertama antara Swiss dan Spanyol di Piala Eropa. Mereka sudah tiga kali bertemu di turnamen besar, semuanya di Piala Dunia, yaitu edisi 1966, 1994, 2010. Spanyol memenangi dua laga pertama, dan Swiss menang pada laga terakhir.
  • Spanyol hanya kalah sekali dalam 22 pertemuan dengan Swiss di semua kompetisi (menang 16, imbang 5). Kekelahan itu datang pada Piala Dunia 2010.
  • Spanyol menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang mencetak lima gol atau lebih dalam dua pertandingan beruntun.
  • Swiss cuma kalah 2 kali dalam 18 laga terakhirnya di Euro, termasuk kualifikasi (M9 S7 K2).
  • Rekor Swiss di putaran final Euro sekarang adalah M3 S7 K7.
  • Swiss menang 7 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 10 laga terakhirnya (M6 S2 K1).
  • Spanyol tak terkalahkan dalam 11 laga terakhirnya, menang 5 kali (M5 S6 K0).
  • Spanyol cuma mencatatkan 4 clean sheet dalam 12 laga terakhirnya.
  • Spanyol menang 16 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 27 laga terakhirnya (M16 S10 K1). 

Sumber: berbagai sumber 

Video Populer

Foto Populer