Sukses


Spanyol Melangkah ke Semifinal Euro 2020, Luis Enrique: Kami Bisa Jadi Kandidat Juara

Bola.com, Saint Petersburg - Timnas Spanyol berhasil melangkah ke semifinal Euro 2020 setelah meraih kemenangan atas Swiss melalui drama adu penalti dalam laga perempat final yang digelar di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Jumat (2/7/2021) malam waktu setempat. Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, menegaskan kini Spanyol menjadi satu dari empat tim yang bisa membawa pulang trofi juara.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, menegaskan keberhasilan Spanyol melangkah ke semifinal Euro 2020 menjadi bukti bahwa timnya adalah kandidat juara, dan itu tidak berlebihan.

"Saya sudah katakan bahwa kami adalah satu dari tujuh atau delapan tim, yang tidak berlebihan jika dikatakan bisa memenangkan trofi juara. Kini kami adalah satu dari empat tim yang bisa meraih gelar juara itu," tegas Luis Enrique seperti dilansir situs resmi UEFA.

Spanyol memang berhasil unggul cepat dalam pertandingan perempat final Euro 2020 ini setelah sepakan keras Jordi Alba membentur kaki Denis Zakari dana masuk ke gawang Swiss saat laga baru berjalan delapan menit. Namun, Swiss mampu menyamakan kedudukan lewat gol Xherdan Shaqiri pada menit ke-68.

Kedua tim kemudian bermain dengan sangat intens. Bahkan Swiss harus bermain dengan 10 pemain setelah Remo Freuler mendapat kartu merah pada menit ke-77. Swiss pun terpaksa bermain bertahan selama sisa pertandingan dan memaksa Spanyol untuk melanjutkan laga lewat extra time bahkan drama adu penalti.

Spanyol memulai penalti dengan buruk, di mana Sergio Busquets gagal melakukan eksekusi dengan baik. Sementara Swiss tampak lebih baik lewat eksekusi Mario Gavranovic.

Namun, sayangnya tiga eksekutor penalti Swiss berikutnya gagal melakukan tugasnya dengan baik. Meski di pihak Spanyol pun Rodri sempat gagal melakukan tugasnya, tapi tiga eksekutor lain, yaitu Dani Olmo, Gerard Moreno, dan Mikel Oyarzabal mampu melakukan tugas dengan baik dan memastikan Spanyol melangkah ke semifinal.

 

Namun, Luis Enrique tidak boleh jemawa, terutama jika melihat lawan yang harus dihadapi pada laga selanjutnya. Dalam pertandingan semifinal Euro 2020 yang digelar di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB, Spanyol akan menghadapi Italia yang juga lolos ke semifinal setelah menang 2-1 atas Belgia.

 

Video

2 dari 2 halaman

Adu Penalti yang Tenang

Jika para pemain dan pendukung Spanyol yang menjalani dan menyaksikan drama adu penalti kontra Swiss di perempat final Euro 2020 itu tampak gugup dan cemas, Luis Enrique mengaku dirinya melihat drama tersebut dengan rasa tenang.

Mantan pelatih Barcelona itu mengaku sangat tenang ketika menyaksikan adu penalti anara tim asuhannya dengan Swiss itu.

"Itu adalah drama adu penalti paling tenang yang pernah saya lalui karena kami telah melakukan semua tugas kami dengan baik, semua latihan kami, dan tidak ada lagi yang bisa kami lakukan," ujar Enrique.

Dalam drama adu penalti tersebut, hanya dua eksekutor Spanyol yang gagal melakukan tugasnya dengan baik, yaitu Sergio Busquets dan Rodri. Namun, Unai Simon tampil bagus dan beruntung di bawah mistar La Furia Roja sehingga tiga eksekutor Swiss gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer