Sukses


Gareth Southgate Tebus Dosa Semifinal 1996, Timnas Inggris Tembus Final Euro 2020!

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris melaju ke final Euro 2020 secara dramatis. Three Lions menggasak tim kuda hitam Denmark 2-1 lewat perpanjangan waktu di Stadion Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Timnas Inggris sempat tertinggal lewat gol tendangan bebas Mikkel Damsgaard pada menit ke-30. Tim asuhan Gareth Southgate menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Simon Kjaer pada menit ke-39. Kemenangan Ingggris ditentukan gol Harry Kane menit ke-104.

Harry jadi algojo penalti, setelah Raheem Sterling dijatuhkan di kotak terlarang. Hanya saja tendangannya sempat dimentahkan kiper Denmark, Kasper Schmeichel. Beruntung bola muntah dari tangkapan penjaga gawang mampu ditembakkan ke gawang.

Kesuksesan ini terasa spesial, karena Timnas Inggris pada 1996 di stadion yang sama kandas di semifinal. Mereka kalah adu penalti melawan Jerman yang akhirnya menjadi juara. Gareth Southgate, nakhoda Inggris saat ini adalah sosok yang gagal menunaikan tugas di babak tos-tosan.

Sang pelatih sebelum laga menyebut kejadian itu menyisakan trauma mendalam. "Beban berat mengiringi kami menjelang semifinal melawan Denmark. Rasanya, menyakitkan saat saya gagal mengeksekusi penalti. Kami mencoba relaks dan berharap bisa menyudahi mimpi buruk itu," kata Southgate saat melakukan wawancara dengan Sky Sports.

Selain trauma adu penalti di semifinal 1996, Timnas Inggris juga dibayangi rentetan kegagalan di semifinal.

Semenjak Piala Eropa pertama kali digulirkan pada 1960, The Three Lions tiga kali lolos ke semifinal, yakni pada 1968, 1996 dan 2020. Pada 1968 dan 1996, Langkah Inggris terhenti di semifinal, alias selalu terkena kutukan di babak tersebut.

Pada Piala Eropa 1968, Inggris kalah 0-1 dari Yugoslavia di semifinal. Kemudian pada 1996, giliran Jerman yang menyingkirkan Inggris via adu penalti dengan skor 6-5, setelah sebelumnya bermain 1-1 di waktu normal.

Ngenesnya, sejak 2016 Gareth Southgate menangani Timnas Inggris. Ironisnya, Southgate juga identik dengan babak semifinal.

Southgate membawa Timnas Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Sayangnya, Inggris kalah 1-2 dari Kroasia di babak tersebut. Kemudian di UEFA Nations League A 2018-2019, Inggris juga lolos ke semifinal. Hari ini semua cerita buruk berakhir.

Sayangnya, Inggris lagi-lagi kalah, kali ini tumbang 1-3 di tangan Belanda. Hari ini semua cerita buruk berakhir. 

 

 

Video

2 dari 2 halaman

Bersua Italia

"Sangat sulit bagi kami ketika tertinggal satu gol, namun kami tetap bermain sabar sampai kemudian menyamakan kedudukan," kata Raheem Sterling dalam sesi wawancara usai laga.

"Kami menjalani turnamen ini dengan baik sejauh ini. Selangkah lagi buat juara. Sulit membayangkan kami akhirnya lolos ke final," timpal Harry Kane.

Timnas Inggris akan menghadapi Italia pada Senin (11/7/2021) di laga final Euro 2020. Pertandingan akan digelar kembali di Stadion Wembley.

Sumber: Mola TV

Video Populer

Foto Populer