Sukses


Mengenal Bjorn Kuipers, Wasit Terkaya di Dunia yang Pimpin Final Euro 2020 Inggris Vs Italia

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris, tim yang sudah menunggu 55 tahun untuk meraih trofi turnamen sepak bola, akan menghadapi Timnas Italia, pada final Euro 2020 di Stadion Wembley. Bola.com mengupas sosok Bjorn Kuipers, wasit sekaligus bos supermarket, yang akan memimpin pertandingan.

Terakhir kali Italia dan Inggris bertemu di sebuah turnamen, di Piala Dunia 2014, Bjorn Kuipers tampil sebagai wasit. Kabar bagus buat The Three Lions, mereka lebih sering menang saat dipimpin oleh pria asal Belanda tersebut.

Siapa Bjorn Kuipers?

Pria yang dijuluki wasit terkaya di dunia itu ditugaskan untuk memimpin final Euro 2020 pertama Inggris.

Dikatakan telah menghasilkan jutaan cabang dari jaringan supermarket Belanda yang mensponsori jagoan Formula 1 Max Verstappen, 48 tahun, yang kekayaannya diperkirakan pada 2016 sebesar 11,5 juta pounds, akan menjadi orang Belanda pertama yang menjadi wasit pada final Euro 2020.

Apakah dia punya sejarah dengan Inggris?

Kuipers memimpin pertemuan turnamen terakhir antara kedua negara di Piala Dunia 2014, yang dimenangkan Italia.

Tapi dia juga menjadi wasit pada perempat final Piala Dunia 2018 saat Inggris mengalahkan Swedia.

Menariknya, selama fase gugur Euro 2020, tiga dari empat wasit yang memimpin laga tim Inggris merupakan wasit asal Belanda. Hanya Felix Brych saja wasit asal Jerman yang menangani duel Inggris vs Ukraina.

Makkelie, wasit asal Belanda yang memimpin laga Timnas Inggris vs Denmark dikritik habis-habisan karena insiden penalti kontroversial. Bahkan muncul petisi agar diadakan tanding ulang.

 

Video

2 dari 2 halaman

Laga Besar Apa yang Pernah Dipimpin Kuipers?

Kuipers sebelumnya memimpin dua pertandingan penyisihan grup Euro 2020, yakni Denmark vs Belgia Slovakia vs Spanyol, serta perempat final antara Republik Cesko vs Denmark.

Dia juga ditunjuk sebagai ofisial keempat untuk pertandingan antara Inggris dan Kroasia.

Selain memimpin di dua Piala Dunia terakhir, Kuipers adalah anggota tim wasit di dua Euro sebelumnya dan telah memimpin tujuh final UEFA, termasuk final Liga Champions 2014 antara Real Madrid dan Atlético Madrid, Final Liga Europa 2018 antara Atlético vs Marseille. Jauh sebelumnya, pada 2013 ia memimpin pertandingan antara Chelsea vs Benfica, pertandingan Piala Super Eropa 2011 antara Barcelona vs Porto, final Euro U21 2009 antara Inggris dan Jerman, dan final Euro U17 2006 antara Republik Ceska vs Rusia.

Kuipers akan bergabung di final hari Minggu oleh asisten Belanda Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra, sementara Carlos Del Cerro Grande (Spanyol) akan menjadi ofisial keempat.

Peran asisten video wasit (VAR) telah diberikan kepada Bastian Dankert (Jerman), yang akan didampingi oleh Pol van Boekel (Belanda), Christian Gittelmann dan Marco Fritz (keduanya Jerman). Juan Carlos Yuste Jiménez (Spanyol) melengkapi susunan pemain sebagai asisten wasit cadangan.

Video Populer

Foto Populer